Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
KPKNL Mataram Ajak Satuan Kerja Bersinergi dalam Pengukuran SBSK
Nur Fallah Al Amin . S
Rabu, 18 Januari 2023   |   46 kali

Mataram - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram melaksanakan Sosialisasi Pengukuran Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) kepada para perwakilan satuan kerja yang menjadi target pengukuran SBSK Tahun 2023 di wilayah kerja KPKNL Mataram bertempat di Aula KPKNL Mataram (Kamis, 12/01).

Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Mataram, Slamet Santoso, mengawali pemaparan dengan menjelaskan bahwa Standar Barang dan Standar Kebutuhan BMN merupakan batas tertinggi yang menjadi pedoman bagi Pengguna Barang/Kuasa Pengguna Barang dalam menyusun Perencanaan Kebutuhan pengadaan dan pemeliharaan BMN berupa tanah dan/atau bangunan dan selain tanah dan/atau bangunan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 172/PMK.06/2020 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara.

Dalam kesempatan ini, Slamet berharap masing-masing satuan kerja dapat bersinergi dengan KPKNL Mataram dalam pelaksanaan kegiatan pengukuran SBSK. “Kegiatan pengukuran SBSK ini telah dilaksanakan sejak tahun 2020 dengan target yang berbeda setiap tahunnya, dan satuan kerja Bapak/Ibu sekalian yang menjadi target pengukuran pada tahun ini. Kami harap dukungan Bapak/Ibu sekalian agar kita dapat bersinergi sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.”

Lebih lanjut, I Wayan Sudirawan, pelaksana pada Seksi PKN, menyampaikan penjelasan disertai praktek langsung terkait data-data yang perlu dipersiapkan serta tata cara pengisian formulir pengukuran kinerja BMN. Dalam kegiatan pengukuran SBSK, BMN yang akan dinilai antara lain tanah dan bangunan (gedung kantor dan rumah negara). “Hasil perhitungan tingkat kesesuaian BMN dengan SBSK nantinya akan dijadikan sebagai tolok ukur untuk menentukan apakah sebuah obyek BMN telah digunakan sesuai dengan standar yang seharusnya,” ucap Sudirawan.

Acara ditutup setelah berakhirnya sesi diskusi dimana para peserta sosialisasi dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan seputar BMN di masing-masing satuan kerja yang menjadi target pengukuran SBSK pada tahun 2023. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini