Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Penilaian Dalam Rangka Pemanfaatan Barang Milik Negara Dalam Bentuk Sewa Pada Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara Manado
Arip Budiyanto
Minggu, 06 Agustus 2023   |   46 kali

Manado 01 Agustus 2023, Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Ahli Pertama KPKNL Manado Marisa Raisa Syahara telah melaksanakan penilaian dalam rangka pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) berupa sewa sebagian tanah milik Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara Manado yang akan digunakan sebagai Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Pelaksanaan pemanfaatan BMN berupa sewa didasarkan kepada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 115/PMK.06/2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara. Pemanfaatan BMN adalah pendayagunaan BMN yang tidak digunakan untuk penyelenggaraan tugas dan fungsi Kementerian/ Lembaga dan/ atau optimalisasi BMN dengan tidak mengubah status kepemilikan. Diantara bentuk pemanfaatan adalah sewa, pinjam pakai, Kerja Sama Pemanfaatan (KSP), Bangun Guna Serah (BGS)/ Bangun Serah Guna (BSG), Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur (KSPI) dan Kerja Sama Terbatas Untuk Penyediaan Infrastruktur (KETUPI).

 

Marisa biasa disapa Ica, Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Ahli Pertama KPKNL Manado mengatakan bahwa pemanfaatan BMN dalam bentuk sewa sangat tepat diterapkan untuk penyediaan ATM karena selain prosesnya yang tidak terlalu lama juga memberikan pemasukan bagi negara berupa besaran sewa yang dibayarkan dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu adanya ATM juga menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi satker terkait kemudahan transaksi keuangan oleh pegawai maupun stakeholder dari satker yang bersangkutan juga masyarakat disekitar. Hal itu di aminkan oleh pihak satker yang berharap sewa tersebut dapat terus berjalan di tahun-tahun mendatang sehingga BMN yang ada dapat lebih optimal tidak hanya digunakan untuk penyelenggaraan tusi tetapi juga memberikan pemasukan bagi negara.

 

Selain itu satker Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara Manado memberikan dukungan terhadap pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM) tahun 2023 yang dilakukan oleh KPKNL Manado. (ARB)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini