Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Dukung Peningkatan Kemandirian Fiskal Pemkab Mamasa Melalui Pengelolaan BMD
Ida Kade Sukesa
Selasa, 10 Oktober 2023   |   30 kali

Mamuju – KPKNL Mamuju perkuat sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Mamasa (Pemkab Mamasa), dengan melakukan koordinasi dengan Pj. Bupati Mamasa, Yakub F. Solon, yang didampingi oleh Asisten Tiga Pemkab Mamasa Yulianus Nanne, bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, Mamuju, pada Senin (9/10).

Kegiatan yang dilaksanakan langsung oleh Kepala KPKNL Mamuju Helvita Dorojatun, dengan didampingi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Rahmat Ibnu Wibowo, dan Pejabat Fungsional Pelelang Piter tersebut ditujukan untuk mensosialisasikan pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) melalui pemanfaatan dan pemindahtanganan BMD melalui lelang yang akuntabel, guna mendukung peningkatan kemandirian fiskal Daerah.

Dalam kesempatannya Helvita Dorojatun menyampaikan manfaat pengelolaan BMD yang diawali dari pendataan terhadap BMD yang sudah tidak digunakan untuk melaksanakan tugas dan fungsi atau sudah tidak dapat difungsikan secara optimal untuk dapat dilakukan pemindahtanganan melalui lelang. Menurut Helvita hal ini dapat menjadi sumber pendapatan daerah, dimana lelang dapat menciptakan harga yang kompetitif sehingga potensi pendapatan daerah dapat dimaksimalkan. Helvita mencontohkan hasil lelang pada Pemerintah Kabupaten Mamuju dengan kenaikan harga mencapai 53 persen dari harga limit.

Lebih lanjut, Helvita menyampaikan bahwa pendataan BMD juga dapat digunakan untuk memetakan potensi pemanfaatan BMD dimaksud. Helvita mencontohkan, BMD yang berlokasi strategis dapat disewakan kepada pihak ketiga atau swasta, seperti untuk tempat pemasangan baliho, microsell pole, menara pemancar dan tapak mesin ATM. Hasil pemanfaatan tersebut akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, pada kesempatannya Pj. Bupati Mamasa Yakub F Solon menyampaikan terimakasih atas kehadiran Kepala KPKNL Mamuju beserta jajarannya. Yakub menyampaikan bahwa saat ini tengah berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah terhadap APBD melalui berbagai sektor. Menurutnya pengelolaan BMD ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam menyelesaikan permasalahan optimalisasi PAD ini. Yakub juga meminta dukungan KPKNL dalam upaya memaksimalkan kontribusi BMD pada pendapatan daerah. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Dr. Sam Ratulangi Nomor 4, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 91511
0426-2328556, 08114121599
0426-2328556
kpknlmamuju@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini