Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Kanwil DJKN Aceh bersama Pemerintah Aceh dan LPEI Selenggarakan CPNE Secara Daring dalam Forum Sanger Kemenkeu Satu
Wely Putri Melati
Jum'at, 12 Agustus 2022   |   100 kali

Lhokseumawe - Kamis 11 Agustus 2022, Forum Sanger Kemenkeu Satu kembali diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Aceh dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank, yang merupakan salah satu special mission vehicle (SMV) Kemenkeu. Forum Sanger sudah tak asing lagi ditengah jajaran Kanwil DJKN Aceh karena ini merupakan agenda rutin dilaksanakan secara virtual setiap bulan ini selalu menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, dan disiarkan secara live melalui zoom maupun akun Yotube Kanwil DJKN Aceh.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJKN Aceh Syukriah HG menyampaikan hal penting dalam pemulihan ekonomi nasional adalah UMKM. Pelatihan Coaching Program for New Exporter (CPNE) ini merupakan salah satu usaha Pemerintah dalam memperkuat UMKM khususnya di Propinsi Aceh. Selanjutnya Pj. Gubernur Aceh yang dibacakan oleh Asisten II Sekda Aceh menyampaikan bahwa “meredanya badai Pandemi Covid-19 saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membangkitkan kembali UMKM di Propinsi Aceh, kali ini dengan lebih kuat untuk juga memasuki pasar ekspor”, pungkas beliau.

Dalam kesempatan berikutnya, Direktur Hubungan Kelembagaan LPEI, Chesna Fizetty Anwar mengatakan bahwa LPEI menyediakan jasa pelatihan, penjaminan, pembiayaan, dan jasa konsultasi yang terbuka bagi UMKM pelaku ekspor. Terakhir Chief Change Management Officer (CMO) II pada Central Transformation Office Kemenkeu Wawan Juswanto menyampaikan bawa potensi pemasaran UMKM melalui saluran digital masih sangat besar, mengingat saat ini baru 25% UMKM yang memanfaatkan pemasaran melalui marketplace.

Acara ini merupakan program kerja Duta Transformasi Kanwil DJKN Aceh yaitu coaching atau pelatihan dengan narasumber Sumhaji dari Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) dan dipandu oleh Light House (LH) Duta Transformasi Wely Putri Melati. Acara ini dihadiri lebih kurang 500 partisipan dari UMKM binaan Pemerintah Daerah maupun Perbankan di Aceh dan daerah lain Indonesia. Sanger Kemenkeu Satu kali ini juga dihadiri oleh perwakilan dari jajaran Kementerian Keuangan dari seluruh Indonesia terdiri dari DJKN, DJP, DJBC, BKF, DJA, DJPb dan PKN STAN. Sumhaji selaku narasumber menyampaikan banyak tips dan trik dalam pelaksanaan ekspor UMKM keluar negeri dan tentunya ilmu yang diberikan merupakan pengalaman berharga yang dapat dimanfaatkan oelh Pelaku UMKM dalam memajukan usahanya. (narasi/foto : WPM/mateus).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini