Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Keterbukaan Informasi Publik oleh Kanwil DJKN Aceh
Feliza Tania
Kamis, 19 Mei 2022   |   80 kali

Lhokseumawe - Rabu, 18 Mei 2022, Kanwil DJKN Aceh mengadakan kunjungan kerja ke salah satu KPKNL jajarannya, KPKNL Lhokseumawe.  Pada kesempatan kali ini, Kepala Seksi Informasi, Anton Wibisono, memberikan materi dan informasi kepada Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Lhokseumawe. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penuturan hasil monev website Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL jajarannya sesuai dengan Nota Dinas Direktur Hukum dan Informasi Nomor ND-392/KN.8/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Monitoring Pengelolaan Website Kantor Vertikal DJKN Triwulan I, serta kiat dan strategi dalam pengelolaan website untuk triwulan selanjutnya.

 

Acara dimulai dengan penyampaian hasil monev website Kanwil DJKN beserta KPKNL di seluruh Indonesia. Nilai terendah adalah 80 untuk Kanwil DJKN dan 77 untuk KPKNL, dan nilai tertinggi mencapai 100 untuk Kanwil DJKN maupun KPKNL. Terdapat 6 unit Kanwil DJKN dan 33 unit KPKNL yang mendapat nilai 100. Tetapi, hanya ada 1 unit Kawil DJKN beserta KPKNL jajarannya yang mendapatkan nilai keseluruhan 100, yakni Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Hal ini menjadi tolak ukur bagi Kanwil DJKN Aceh beserta KPKNL jajarannya dalam mencapai target yang sama pada triwulan-triwulan selanjutnya. Sedangkan untuk nilai rata-rata yang diperoleh seluruh Kanwil DJKN dan KPKNL adalah 97,06 bagi Kanwil DJKN Aceh dan 97,55 bagi KPKNL.

 

Selanjutnya adalalah monev untuk Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL jajarannya. Komponen penilaian adalah kuantitas dari berita utama, berita terbaru, profil kantor, dan artikel. Kanwil DJKN Aceh sendiri mendapatkan nilai 100 dari setiap komponen, tetapi, untuk KPKNL jajarannya termasuk KPKNL Lhokseumawe masih mendapatkan nilai 99. Hal ini disebabkan pada triwulan I profil kantor yang masih dalam proses penyelesaian. Atas dasar itu, memasuki triwulan II profile tersebut sudah rampung diselesaikan.

 

Masih berkaitan dengan monev tersebut, Anton memaparkan komponen penilaian dengan lebih jelas. Terdapat komponen utama dan komponen pendukung. Komponen utama sendiri terdiri dari berita utama, berita terbaru, dan profil kantor. Untuk berita utama, apabila ada berita pada setiap triwulannya bernilai 20%. Berita terbaru, apabila terdapat 6 berita atau lebih pada setiap triwulannya bernilai 70%. Kemudian profil kantor, berisi profil kantor beserta struktur organisasi yang lengkap dan mutakhir bernilai 20%. Untuk komponen pendukung, terdapat artikel. Apabila terdapat 3 artikel pada setiap triwulannya, maka poin tambahan yang didapat adalah 10%.

 

Acara diakhiri dengan rekomendasi tindak lanjut atas pengembangan website pada triwulan selanjutnya, yakni mendorong dan mengarahkan pegawai untuk selalu aktif dalam mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan tusi DJKN, serta cepat tanggap dari bidang KIHI/seksi Hukum dan Informasi untuk dapat memutakhirkan dan melengkapi informasi terkini seperti profil kantor.

 

Narasi/Foto : Feliza.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini