Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Cegah Penyebaran COVID-19, Vaksinasi Booster Dilaksanakan di KPKNL Lhokseumawe
Feliza Tania
Kamis, 31 Maret 2022   |   209 kali

Vaksinasi merupakan hal yang sangat penting pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Bukan hanya itu, vaksin adalah salah satu ikhtiar dalam melawan virus yang sudah berusia lebih dari 2 tahun ini. Rakyat Indonesia disarankan untuk dapat melakukan vaksin lengkap, baik vaksin pertama, vaksin kedua, dan vaksin ketiga (booster) agar dapat menekan angka penyebaran virus COVID-19. Tidak luput, pegawai KPKNL Lhokseumawe pun ikut berpartisipasi dalam program ini.

 

Vaksin Tahap 3 (Booster) dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret 2022, pukul 09:30 WIB, bekerja sama dengan Puskesmas Mon Geudong, bertempat di KPKNL Lhokseumawe. Sebanyak lebih dari 10 pegawai dan PPNPN KPKNL Lhokseumawe ikut berpartisipasi di dalamnya. Adapun Vaksin yang dipergunakan adalah Vaksin Pfizer. Prosedur dari pemberian vaksin ini sendiri dilakukan dengan teratur, dimulai dengan verifikasi data diri, pengecekan kesehatan dan riwayat penyakit yang ada, penyuntikan vaksin, dan pengecekan kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Tentunya, semua dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada.

 

Salah satu fasilitas lain yang diberikan adalah adanya konsultasi dengan dokter. Ini dianggap sangat membantu mengingat banyaknya pertanyaan seputar vaksinasi. Seperti saja misalnya, apakah vaksin yang dipergunakan halal atau tidak, amankah vaksinasi tersebut untuk ibu menyusui atau lansia, atau kapankah waktu yang tepat bagi seorang penyintas COVID-19 untuk dapat melakukan vaksinasi pertama atau pun vaksinasi lanjutan.

 

Bagi KPKNL Lhokseumawe sendiri, vaksinasi dirasa penting dan bukan hanya semata wujud dari pelaksanaan program pemerintah. Dengan besarnya mobilitas pegawai akan tugas lapangan dan dinas luar, vaksinasi adalah cara pencegahan tertularnya COVID-19 dan pencegahan akan beratnya gejala yang timbul akibat virus ini.

 

Pemberian vaksin berakhir sekitar pukul 11:00 WIB. Vaksinasi merupakan ikhtiar dalam pencegahan virus COVID-19, tetapi bukan berarti kita melupakan protokol kesehatan yang selama ini sudah dijalankan. Seperti dikutip dari pernyataan Kepala KPKNL Lhokseumawe, Bono Yudianto, setiap harinya dalam Morning Call, “tidak bosan-bosannya saya mengingatkan diri sendiri dan orang lain untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Semoga ikhtiar kita dapat mengurangi penyebaran virus COVID-19 di muka bumi ini”.

 

Narasi/Foto : Feliza/Mateus

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini