Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Sosialisasi Beasiswa LPDP dalam Forum Sanger Kemenkeu Satu Aceh
Feliza Tania
Jum'at, 26 November 2021   |   190 kali

Kamis, 25 November 2021, Forum Sanger Kemenkeu Satu diadakan kembali. Forum Sanger yang telah menjadi agenda rutin ini, tidak hanya dihadiri oleh Instansi Vertikal Kementerian Keuangan Provinsi Aceh, tapi juga dihadiri oleh Kanwil DJKN Sumut, Kanwil DJKN SJB, Kanwil DJKN Kalselteng, Kanwil DJKN Papabaruku, KPKNL Pematang Siantar, KPKNL Palembang, KPKNL Bima, KPKNL Palangkaraya, KPKNL Singkawang, dan KPKNL Palopo, dengan total 125 partisipan melalui zoom meeting. Materi yang diangkat adalah Sosialisasi Beasiswa LPDP, dimana merupakan topik yang sangat menarik dan bermanfaat, mengingat tingginya minat pegawai dalam melanjutkan jenjang pendidikan melalui jalur beasiswa.

 

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG. Dalam welcoming remarksnya, Syukriah mengungkapkan semoga Sosialiasi Beasiswa LPDP ini dapat memberikan semangat dalam menambah pengetahuan, baik itu formal maupun informal.

 

Opening speech kemudian dilanjutkan oleh Direktur Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Dwi Larso. Dwi mengemukakan sosialisasi ini merupakan saat yang tepat dikarenakan program LPDP yang sempat terinterupsi pandemi COVID-19 ini, sudah siap untuk launching pada awal tahun 2022. Tahun 2021 merupakan kebangkitan dari LPDP, dan tahun 2022 adalah kelanjutan program dengan tatanan normal baru. Dwi juga mengungkapkan jenis beasiswa yang dapat dipilih serta program baru yang diluncurkan oleh LPPD pada tahun 2022 seperti mendukung Kemendikbudristek dalam Kampus Merdeka, Vokasi, atau pun Peningkatan Guru/Dosen, serta beberapa program lulusan SMA atau pun S1 lainnya.

 

Masuk ke acara inti, narasumber dari LPDP adalah Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP, Muhammad Lukmanul Hakim. Per 31 Oktober 2021, penerima beasiswa LPDP dari Kemenkeu sendiri adalah 1063 orang, dengan 615 orang dengan tujuan studi dalam negeri dan 448 orang dengan tujuan studi luar negeri dengan jenjang studi magister dan doktor. Lukman juga mengungkapkan kolaborasi yang dilakukan oleh LPDP dengan Kemendikbudristek dan Kemenag seperti yang disebutkan oleh Dwi Larso.

 

Tak kalah penting, Lukman membahas terkait beberapa program LPDP seperti Afirmasi, Targeted, dan Umum, beserta jenis beasiswanya. Dimana bagi ASN lebih menguntungkan jika memilih program Targeted yang dikhususkan bagi PNS/TNI/POLRI. Persyaratan, rangkaian seleksi beasiswa LPDP beserta layanan pembayaran beserta monev juga dibahas oleh Lukman. Tidak ketinggalan, dana pendidikan, biaya pendukung, dana tambahan (khusus BPDS), biaya pengayaan bahasa, serta biaya pendukung (apabila disabilitas) pun dibahas oleh Lukman.

 

Di pengujung acara, partisipan dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan. Pertanyaan yang ada adalah seputar kekhususan penerimaan beasiswa di wilayah Aceh, prioritas penerima LoA (Letter of Acceptance), surat rekomendasi beasiswa Targeted dari eselon 1, uang saku penerima beasiswa, biaya keluarga yang ditanggung, jalur informasi beasiswa LPDP lain selain dari kantor pusat, kesempatan beasiswa untuk mengulang jenjang studi yang sama, persyaratan TOEFL dilaksanakan secara mandiri atau tidak, sebab mengikuti program pengayaan bahasa, dan ketersediaan beasiswa khusus calon dosen. Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik oleh Lukman.

 

Acara ditutup dengan closing statement oleh Lukman, dalam apresiasinya Lukman menyebutkan “Kita berharap ke depannya banyak program serupa, yang akhirnya bisa menyebarluaskan informasi mengenai program beasiswa LPDP, kita berharap semoga banyak yang dapat berpartisipasi. Jika terdapat hal yang kurang jelas, dapat langsung berkunjung ke website LPDP atau melalui bantuan.kemenkeu.lpdp.go.id” ujar Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP tersebut.

 

Narasi : Feliza

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini