Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Safari Kemenkeu Satu di Aceh
Mateus Putra Dinata
Kamis, 18 November 2021   |   260 kali

Lhokseumawe - KPKNL Lhokseumawe mengikuti Kegiatan Safari Kemenkeu Satu Se-Provinsi Aceh yang digelar di Aula KPKNL Lhokseumawe, Rabu (17/11). Kegiatan tersebut merupakan wadah bagi seluruh perwakilan Kementerian Keuangan di Aceh untuk bersinergi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah Aceh.  

Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Kegiatan Safari Kemenkeu Satu Se-Provinsi Aceh menjadi wadah dialog untuk menggali potensi sumber daya/komoditi di daerah Aceh. Melalui kegiatan tersebut pula diharapkan seluruh jajaran Kemenkeu Satu dapat menemukan solusi terbaik apabila ditemukan kendala dalam pemanfaatan sumber daya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Aceh.

Kegiatan yang melibatkan seluruh kantor wilayah di lingkungan Kementerian Keuangan Aceh tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Aceh, Syukriah HG, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh, Safuadi, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh, Imanul Hakim, dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh, Syariadi.

Selanjutnya dalam opening speech Kepala Perwakilan Kemenkeu Aceh, Safuadi mengharapkan sinergi yang telah terbangun dalam Kemenkeu Satu ini dapat terus di pertahankan agar memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM, mari bersama kita mendorong potensi sumberdaya yang ada di sekitar kita sehingga UMKM yang ada dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi, disinilah peran Kemenkeu Satu, bersinergi untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, pungkas Safuadi.

Pada Kesempatan selanjutnya dilaksanakan pemaparan overview capaian kinerja dari KPKNL Lhokseumawe,  KPPN Lhokseumawe, KPP Pratama Lhokseumawe, KPPBC Lhokseumawe yang membahas pencapaian indeks kinerja utama dan isu-isu terkini terkait tugas dan fungsi masing-masing kantor vertikal Kemenkeu Satu. Pencapaian masing-masing kantor vertikal diharapkan menjadi apresiasi sekaligus motivasi bagi seluruh jajaran Kemenkeu Satu di Aceh. Dalam Kemenkeu Satu Mendengar dilakukan  sambung rasa dengan Pelaku UMKM Lhokseumawe. Turut hadir pula pemilik PR. Gayo Mountain Cigar, Salmi sebagai pelaku ekonomi di industri tembakau, dan pemilik Sabun Cendana, Nanda sebagai pelaku ekonomi di industri kosmetik. Dalam kesempatan tersebut, Salmi dan Nanda berkesempatan memperkenalkan produk-produk terbaik yang diproduksi PR. Gayo Mountain Cigar dan Sabun Cendana, sekaligus memaparkan proses bisnis pada masing-masing perusahaan, sehingga diketahui banyak produk-produk UMKM yang kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk yang sudah dikenal umum oleh masyarakat.

Dalam pemaparannya, Salmi dan Nanda menyampaikan isu-isu terkini terkait bidang usaha yang sedang dijalankan, dan kendala-kendala yang dihadapi terkait pengembangan usaha. Kegiatan dilanjutkan dengan dialog bersama seluruh jajaran Kemenkeu Satu di Aceh untuk menemukan solusi dari kendala-kendala yang dihadapi pelaku-pelaku ekonomi di Aceh, khususnya kendala yang dihadapi PR. Gayo Mountain Cigar dan Sabun Cendana.

Sinergi yang tercipta dalam kegiatan Safari Kemenkeu satu begitu terasa dengan performance yang dibawakan oleh Pegawai-pegawai Kemenkeu Satu Aceh. Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG menyampaikan bahwa "dengan terus bersinergi dalam Kemenkeu Satu, maka percayalah kita dapat memberikan hasil terbaik untuk Negara, karena bersama kita bisa", hal tersebut senada dengan clossing statement dari Kepala Perwakilan Kemenkeu Aceh yang berharap agar Safari Kemenkeu Satu Aceh ini dapat simultan dilaksanakan. Kemenkeu Satu, Kemenkeu Tepercaya.

(Narasi: Seksi HI  Foto: Mateus)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini