Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Artikel
Tetap (Berusaha) Produktif Bekerja Saat Positif Melanda
Feliza Tania
Selasa, 29 Maret 2022   |   364 kali

Menurut data yang dihimpun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, data terkonfirmasi positif per tanggal 28 Maret 2022 adalah 6.001.751 jiwa, dimana terjadi kelonjakan sebesar 2.798 jiwa. Tidak dapat dipungkiri, ini merupakan angka yang cukup besar. Tetapi disamping jumlah yang fantastis ini, jumlah pasien sembuh pun kian meningkat, per 28 Maret 2022 terjadi peningkatan sebesar 10.301 jiwa sehingga menjadi 5.724.963 jiwa yang sembuh dari penyakit ini. Varian terbaru dari COVID-19 memang lebih cepat menyebar, tetapi juga bergejala lebih ringan, seperti yang dr. Siti nadia Tarmizi, M.Epid. sampaikan, “Data menunjukkan, meski angka kasus konfirmasi harian bertambah, namun jumlah pasien yang masuk ke rumah sakit lebih sedikit dan cenderung menunjukkan gejala ringan atau tanpa gejala sama sekali. Namun, kita harus tetap waspada. Protokol Kesehatan tetap dilaksanakan dan cakupan vaksinasi harus terus dikejar, terutama untuk lansia dan anak-anak” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan ini.

 

Kasus positif yang umumnya terjadi adalah bergejala ringan atau tanpa gejala sama sekali, atau pula yang biasa kita sebut OTG (orang tanpa gejala). Bekerja dengan menerapkan sistem WFH (Work from Home) pun tidak dapat menjamin terhindar dari varian ini. Tetapi jika terjangkit COVID-19 dengan bergejala ringan, Instansi pastilah akan menetapkan WFH (Work from Home) untuk menjalankan isoman (isolasi mandiri) sampai suspect dinyatakan negatif. Sebagai pegawai Kementerian Keuangan yang menjunjung nilai integritas dan profesionalisme, sudah sepatutnya WFH yang diberikan dimanfaatkan dengan baik dan benar. Tentu saja, dengan tetap mempertimbangkan segi kesehatan diri masing-masing.

 

Untuk tetap dapat menunjang tusi dengan sebagaimana mestinya. Kita dituntut untuk selalu produktif dalam keadaan apa pun. Adapun beberapa hal yang harus kita perhatikan dan sesuaikan untuk produktif saat isoman adalah:

1.    Tanamkan niat

Dari semua hal, niat adalah dasar terlaksananya sesuatu hal. Tanamkan bahwa negatif dan produktif adalah hal pertama yang harus dicapai.

2.    Tetapkan jam bekerja

Bekerja dari rumah, apa lagi dengan status “isoman” adalah hal yang dirasa membosankan. Hal itu dapat diakali dengan mengatur jam bekerja, membuat to do list yang menyesuaikan dengan keadaan saat melaksanakan isoman, pastikan jam bekerja memenuhi minimal 365 menit.

3.    Tetapkan jam beristirahat

Selain jam bekerja, jam beristirahat sangat perlu ditetapkan. Apalagi saat isoman, work life balance harus terlaksana dengan baik agar tidak merasa bosan dan jenuh. Tidak lupa, saat melaksanakan WFH harus diselingi olahraga dan makan makanan bergizi.

4.    Siapkan koneksi internet yang stabil

Ini merupakan hal yang penting, baik saat bekerja di rumah atau pun di kantor. Terutama jika sedang melaksanakan isoman, internet merupakan hal yang harus dipersiapkan. Selain mendukung pekerjaan, koneksi internet yang stabil dapat mengurangi tingkat kejenuhan yang dirasakan saat bekerja dalam kondisi tersebut.

5.    Tetap terhubung dengan rekan-rekan kerja

Terhubung dengan rekan kerja akan dapat mengurangi tingkat stres dan jenuh dalam kondisi isoman. Secara langsung, hal tersebut akan mempengaruhi tingkat produktivitas dikarenakan dukungan yang diberikan oleh rekan-rekan kerja.

6.    Senantiasa berpikir positif

Situasi yang dialami mungkin tidaklah mudah, apa lagi dengan kemungkinan tingkat stres yang tinggi. Kita adalah apa yang kita pikirkan, pikiran positif tentulah akan membawa dampak positif bagi apa yang sedang dilaksanakan.

 

Pemaparan diatas adalah beberapa hal yang dapat menjadi kiat menjaga produktivitas bekerja saat dalam menjalankan isolasi mandiri. Tentu saja semua hal tersebut dilakukan tanpa melupakan kesehatan dan keadaan dari diri masing-masing. Jangan luput untuk selalu mengatur porsi pekerjaan yang sesuai dengan kondisi diri masing-masing. Marilah kita bersama-sama tetap menjaga integritas dan profesionalisme, sesuai dengan yang tertera dalam Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yang kita hapalkan sehari-hari.

 

Narasi : Feliza

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini