Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
Semangat Selesaikan Program Sertipikasi, KPKNL Lahat Laksanakan Kunjungan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Muara Enim
Prilla Geonestri Ramlan
Jum'at, 17 Februari 2023   |   63 kali

Muara Enim – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, target sertipikasi 2023 sangat menantang karena seluruh BMN berupa tanah harus tuntas bersertipikat. Bertempat di aula Kantor Pertanahan (Kantah) Kab. Muara Enim (16/2), Masdjaya Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat bersama Latho Muhammad Kepala Seksi Pengelolaan kekayaan Negara dan Ahmad Zaenudin melakukan koordinasi sertipikasi BMN berupa tanah di wilayah kerja Kantah Muara Enim. Abdullah Adrizal Kepala Kantah Kab. Muara Enim juga sepakat bahwa tanah yang dicatat oleh masing-masing satuan kerja harus diamankan melalui program sertipikasi.

Target sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2023 dibagi menjadi empat kategorisasi target sebagai berikut:

1.       K1 : Clean and Clear (data yuridis dan fisik lengkap dan tidak sengketa/berperkara), dengan output berupa Sertipikat Hak Pakai (SHP).

2.       K2 : Not Clean But Clear (data yuridis dan fisik tidak lengkap namun tidak sengketa/berperkara), dengan output berupa Sertpikat Hak Pakai/Peta Bidang Tanah (PBT).

3.  K3 : Clean But Not Clear (data yuridis dan fisik lengkap namun sengketa/berperkara) dan Not Clean And Not Clear (data yuridis dan fisik tidak lengkap serta sengketa/berperkara), dengan output berupa Peta Bidang Tanah/Produk Lainnya

4.       K4 : Update dan Validasi Data; untuk bidang tanah sudah bersertipikat namun belum dilakukan update di Master Aset SIMAN, dengan output berupa update data SIMAN dan validasi di Valserah.

Diakhir kunjungan tersebut, Masdjaya mengapresiasi kerjasama antara KPKNL dengan Kantor Pertanahan dalam rangka pengamanan aset melalui program sertipikasi.

-Seksi Hukum dan Informasi-

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini