Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
Rapat Persiapan Persertipikatan Barang Milik Negara Berupa Tanah Tahun 2023 Pada KPKNL Lahat
Hendra Fridolin Ananda Sudater Siagian
Jum'at, 03 Februari 2023   |   73 kali

Lahat (02-02-23) – KPKNL Lahat melaksanakan rapat koordinasi persiapan persertifikatan barang milik negara (BMN) berupa tanah tahun 2023. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting yang dihadiri oleh undangan yang terdiri dari 8 (delapan) Kantor Pertanahan Kab/Kota dan 23 (dua puluh tiga) satuan kerja yang menjadi target persertipikatan di wilayah kerja KPKNL Lahat. Barang Milik Negara adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN atau perolehan lainnya yang sah. Tanah merupakan salah satu BMN yang rawan dengan permasalahan hukum seperti sengketa dan sering masuk dalam gugatan di pengadilan, karena tanah memiliki nilai ekonomis yang cenderung meningkat dan minat yang tinggi untuk dimiliki oleh masyarakat banyak. DJKN melalui KPKNL yang bekerja sama dengan Kantor Pertanahan Negara (KPN) Kabupaten/Kota melakukan sertifikasi BMN, yang tujuan utamanya adalah sebagai langkah awal dalam upaya pengamanan serta dalam rangka untuk mendukung prinsip 3T BMN yaitu tertib administrasi, tertib fisik, dan tertib hukum. Harapannya melalui persertipikatan BMN berupa tanah ini, dapat memilimalisir risiko yang kemungkinan dihadapi di kemudian hari dan memperkuat pengamanan BMN yang dapat diambil oleh pihak yang tidak berkepentingan dan tidak bertanggung jawab.

Rapat dimulai Pukul 09.00 WIB yang diawali pembukaan dari MC Rizki Noviyanti yang diikuti oleh pembacaan doa oleh Ahmad Zaenudin yang keduanya merupakan staf pelaksana pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian keynote speech oleh Kepala KPKNL Lahat Masdjaya sekaligus membuka acara, dalam arahan sambutanya Kepala KPKNL memberikan apresiasi dan terimakasih atas kehadiran peserta rapat di zoom meeting. Masdjaya berharap sinergi dan kerja sama yang baik dapat terwujud selama proses persertifikatan BMN berupa tanah ini. Realisasi persertifikatan dapat terwujud sesuai target yang sudah ditetapkan di tahun 2023, tidak lepas dari peran semua lini yaitu Kantor Pertanahan Negara (KPN) dan seluruh satuan kerja yang mendaptakan target persertifikatan.

            Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan oleh Latho Muhammad Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Dalam kesempatan ini Latho menjelaskan bahwa ada sebanyak 1.601 (seribu enam ratus satu) bidang tanah yang menjadi target persertipikatan BMN di tahun 2023 pada KPKNL Lahat, jumlah ini jauh lebih tinggi dari target di tahun-tahun sebelumnya. Pembagiannya berdasarkan jumlah sesuai KPN adalah sebanyak 220 (dua ratus dua puluh) bidang tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Empat Lawang, sebanyak 582 (lima ratus delapan puluh dua) bidang tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Lahat, sebanyak 589 (lima ratus delapan puluh sembilan) bidang tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Muara Enim, sebanyak 69 (enam puluh sembilan) bidang tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas, sebanyak 8 (delapan) bidang tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas Utara, 3 (tiga) bidang tanah pada Kabupaten Pertanahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), sebanyak 61 (enam puluh satu) bidang tanah pada Kota Lubuklinggau, dan sebanyak 69 (enam puluh Sembilan) bidang tanah pada Kota Pagar Alam.

Setelah pemaparan dari Latho, melalui MC acara dilanjutkan dengan diskusi dari peserta rapaat koordinasi yaitu KPN dan satuan kerja yang mendapatkan target persetipikatan. Dalam diskusi tersebut peserta rapat koordinasi menanyakan teknis alur persertipikatan dan berdiskusi tentang kendala teknis yang dihadapi di lapangan yang kemudian ditanggapi oleh KPKNL dan KPN Kab/Kota. KPKNL Lahat, KPN Kabupaten/Kota, dan satuan kerja yang mendapatkan target persertipikatan berkomitmen bersama-sama untuk saling mendukung program sertifikasi BMN.

            Setelah diskusi berakhir, acara diakhiri dan ditutup pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini merupakan awal persiapan yang kemudian akan dilanjutkan dengan pelaksanaan di kemudian hari. KPKNL Lahat mengucapkan terimakasi atas kehadiran para peserta rapat koordinasi dan persiapan persertipikatan BMN berupa tanah pada satker di lingkungan kerja KPKNL Lahat.



_Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Lahat_

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini