Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kupang > Berita
Jawaban Perkembangan Informasi di Lelang
N/a
Selasa, 08 Desember 2015   |   649 kali

Kupang – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kupang pada Kamis (3/12), KPKNL Kupang menyelenggarakan acara Sosialisasi Lelang Melalui Internet (e-Auction) yang dihadiri oleh Perwakilan dari Pemerintah Daerah dan Perbankan di Kota Kupang.

Kepala KPKNL Kupang, Syamsudin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan. Kemudian Syamsudin menjelaskan e-Auction  merupakan layanan unggulan Kementerian Keuangan yang termasuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2015 saat Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diadakan oleh Kementerian PAN-RB dengan judul inovasi “Meningkatkan Pelaksanaan Lelang yang Efisien, Kompetitif, dan Adil Melalui Pelaksanaan e-Auction”. Dalam lelang konvensional, pembeli dan penjual harus berhadapan secara langsung, tetapi dengan e-Auction, pembeli dapat mengikuti lelang di manapun sepanjang ada koneksi internet. “Jadi, e-Auction  merupakan jawaban dari Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atas perkembangan teknologi dalam hal lelang,” imbuh Syamsudin.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan lelang secara umum dan mekanisme e-Auction yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Ristyo Weko Wismono. e-Auction terdiri 2 (dua) bentuk penawaran yaitu Penawaran secara Tertutup (Close Bidding) dan Penawaran secara Terbuka (Open Bidding). Ristyo juga menjelaskan salah satu manfaat e-Auction adalah modernisasi pelayanan yang lebih transparan, akuntabel dan responsif berbasis IT.


Setelah pemaparan materi dan sebagai penutup acara, para peserta sosialisasi melihat langsung proses lelang e-Auction atas Barang Milik Negara dari Universitas Nusa Cendana Kupang dan Lelang Eksekusi Pasal 6 UUHT dari Bank Mega Cabang Kupang. (penulis/fotografer: Tim Seksi HI KPKNL Kupang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini