Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Lelang Aset BMD sebagai Transparasi dan Akuntabilitas Pemerintah Kota Tanjungbalai
Rizki Harni Manurung
Rabu, 30 November 2022   |   138 kali

Tanjungbalai (21/11/2022) – Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset (BPKAD) melakukan Sosialisai lelang Barang Milik Daerah (BMD) bertempat di Aula Thamrin Munthe kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkot Tanjungbalai dan masyarakat bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kisaran.

Sosialisasi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Bpk Drs. Walman P Riady Girsang, M.A.P yang didampingi Plt. Kepala BPKAD Kota Tanjungbalai Ibu. Siti Fatimah, S.E.,M.A.P. .Mewakili Walikota yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sosialisasi lelang ini perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada semua lapisan ASN maupun masyarakat dilingkup Kota Tanjungbalai, bahwa pemindahtangan atau Penjualan BMD tersebut harus melalui mekanisme lelang sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016.

Bahwa dilakukannya pemindahntangan BMD tersebut sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas kepada publik, sehingga image selama ini bahwa penjualan barang dapat dikondiskan akan terbantahkan. Adapun hasil penjualan barang akan masuk ke Kas Daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah. Walikota berharap agar kerjasama selama ini antara Pemkot Tanjungbalai dengan KPKNL kisaran tetap terjalin dengan baik.

Narasumber Sosilaisasi lelang dari KPKNL Kisaran adalah Pejabat Lelang Jahantus Banjarnahor, S.H.,M.H. yang memaparkan materi Mekanisme Lelang BMD melalui Lelang Internet (E-auction). Pemateri menyampaikan bahwa  dijaman digital saat ini lelang juga ikut menyesuaikan perkembangan Informasi dan Tehnologi sehingga dibuat aplikasi lelang yang berbasis internet dengan alamat domain hhtps//:www.lelang.go.id.

Tujuan lelang internet adalah unutk memudahkan pengguna jasa lelang baik sebagai pemohon lelang maupun sebagai pembeli lelang, degan lelang internet mengikuti lelang dapat dilakukan setiap waktu, dimanapun dan darimana saja dapat mengikuti lelang sepanjang ada koneksi internet sehingga tidak dibatasi ruang dan waktu seperti lelang konvensional, karena prinsip lelang adalah aman, mudah dan efesien.

Narasumber juga menjelaskan alur cara membuat akun lelang yang nantinya digunakan jika ingin menjadi peserta lelang. Mulai dari cara pendaftaran, aktifkan akun dan cara mengikuti lelang melalui portal lelang Indonesia https//:www.lelang.go.id. Disampaing itu Pejabat lelang mengingatkan agar selalu berhati-hati, karena banyak modus penipuan yang berkedok lelang yang dapat merugikan masyarakat, untuk menghindari penipuan maka kalau ikut lelang hanya dari situs portal lelang Indonesia, pungkasnya. (Jahantus Banjarnahor)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini