Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Pemerintah Senantiasa Hadir Bagi Keberlangsungan Produk UMKM
Garry Fischer Silitonga
Senin, 09 Mei 2022   |   192 kali

Kisaran – KPKNL Kisaran turut mendukung upaya pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional yang melalui  lelang produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Pada hari Jumat (22/04) Kepala KPKNL Kisaran mengajak Pelaku UMKM Kisaran untuk memasarkan produk-produknya melalui program lelang KPKNL. Melalui aplikasi lelang.go.id (situs resmi lelang KPKNL), barang lelang produk UMKM khas daerah Kisaran dapat dilihat oleh semua orang di seluruh wilayah Indonesia. Untuk produk UMKM khas daerah, pemasaran melalui lelang dijadikan alternatif kehadiran pemerintah untuk mengenalkan produk kewilayahan ke tingkat nasional.

Selama ini lelang KPKNL lebih dikenal untuk lelang barang sitaan Negara sehingga program ajakan lelang ini dilaksanakan dengan adanya pertemuan antara Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kisaran (KPKNL Kisaran) bersama dengan Kepala Pejabat Lelang bertemu langsung antara perwakilan beberapa pelaku UMKM yang menunjukkan fungsi KPKNL Kisaran untuk membantu perekonomian UMKM, hal ini disampaikan oleh, Kepala KPKNL Kisaran, Agus Budianta, yang menyampaikan bahwa adanya program pemulihan ekonomi nasional membuat KPKNL Kisaran untuk lebih proaktif mengajak pelaku UMKM agar memasarkan produknya melalui aplikasi lelang KPKNL. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Keuangan bahwa seluruh pegawai Kementerian Keuangan diimbau untuk turut dalam pemulihan ekonomi nasional. Salah satu caranya adalah dengan menggerakkan perekonomian UMKM. Berawal dari inisiasi KPKNL Kisaran terkait ajakan pelaksanaan lelang sukarela untuk barang-barang UMKM di wilayah Kisaran. Lebih lanjut Pejabat Lelang KPKNL Kisaran, Hendry Lubis melakukan pendampingan awal registrasi dan pengenalan aplikasi serta syarat dokumen yang diperlukan untuk terlaksananya pengajuan lelang sukarela oleh pelaku UMKM. Agus Budianta kemudian menjelaskan bahwa jenis lelang ada tiga, yaitu lelang eksekusi, lelang non eksekusi wajib dan lelang non eksekusi sukarela. Lelang sitaan Negara yang dimaksud, masuk ke dalam lelang eksekusi. Sedangkan lelang produk UMKM termasuk ke dalam lelang non eksekusi sukarela, yaitu lelang atas barang milik swasta, perorangan atau badan hukum/badan usaha yang dilelang secara sukarela.

Agus menyampaikan kemudahan dari aplikasi lelang.go.id ini yang bisa diakses dengan internet komputer/laptop, bisa juga melalui aplikasi Lelang Indonesia yang dapat diunduh pada playstore android. Setelah itu, ada panduannya untuk mendaftar, baik sebagai penjual maupun pembeli. Namun untuk menjual produk UMKM ini, memang lebih disarankan secara kolektif dalam satu pengajuan permohonan ke KPKNL Kisaran sehingga diharapkan dapat mendorong para pengusaha UMKM untuk mengikuti program, karena tidak semua pengusaha memiliki kemampuan yang sama dalam penggunaan teknologi informasi. Program lelang produk UMKM melalui KPKNL ini menjadi hal baru dan patut untuk dicoba, terlebih untuk UMKM kerajinan khas daerah yang sangat terdampak corona virus disease-19 (covid-19).

‘Potensi peningkatan harganya besar, dan barang yang dipasarkan dapat dilihat oleh semua orang yang mengakses. “Barang UMKM daerah Kisaran dapat dikenal masyarakat daerah lain melalui lelang.go.id ini dan dapat dijadikan teladan bagi para pelaku UMKM lain sehingga dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM, mengingat kehadiran pemerintah melalui KPKNL sangat diperlukan bagi para pelaku UMKM,’’ ujar Agus.

 (***)

 

Penulis :  Tim Humas KPKNL Kisaran

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini