Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Kegiatan In House Training Excellent Service KPKNL Kisaran, Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Publik dan Citra DJKN
Mahmud Ashari
Senin, 11 April 2022   |   129 kali

Selasa (29/3), seluruh jajaran KPKNL Kisaran mengikuti kegiatan In House Training Excellent Service yang dilaksanakan bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia KCP Kisaran. Kepala KPKNL Kisaran membuka kegiatan dengan harapan agar seluruh materi yang disampaikan narasumber dapat dipahami, diterapkan dan diamplifikasi oleh seluruh jajarannya sebagai bagian dari upaya KPKNL Kisaran dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna layanan. “Ini merupakan tindakan nyata kita sebagai upaya dalam meningkatkan kepuasan public dan menaikkan branding image DJKN”ujar pria berkacama ini.

Pada sesi kegiatan inti, materi disampaikan oleh Septian Pane, narasumber dari BSI RMC Kisaran. Dalam materinya, Septian Pane menyampaikan bahwa sebagai area terdepan (frontliner office), peran petugas customer service (APT) menjadi salah satu factor penentu tingkat kepuasan pengguna layanan. “Ibarat showroom mobil, Bapak Ibu yang berada di APT merupakan customer service yang menjadi salah satu penentu si customer akan membeli mobil yang mana, jika pelayanan Bapak Ibu tidak memuaskan, jangankan untuk sampai tahap membeli mobil yang mana, minat mereka untuk membelipun pasti sirna” ucapnya.

Lebih lanjut Septian memaparkan bahwa jika dari sisi korporasi perbankan, kepuasan customer akan meminimalisasi keluhan, menjaga loyalitas customer, dan menjaga corporate branding dalam memimpin persaingan perbankan. Sedangkan dari sisi government, kepuasan pengguna layanan akan memberikan citra positif kepada instansi pemerintah dan meningkatkan kepercayaan public.

Dengan peran strategisnya tersebut, petugas frontliner (APT) sebagai etalase kantor, harus terus meningkatkan penyajian pelayanan prima (excellent service) kepada pengguna layanan. Terdapat tiga hal utama yang harus diperhatikan petugas APT, yaitu etiket/etika, penampilan, dan wiraga.

Etiket/etika berkaitan dengan unsur kepantasan/tata krama. Petugas APT harus selalu mengedepankan tata krama seperti tersenyum saat menyambut customer, mengucapkan salam, dan mempersilahkan duduk sebelum memberikan pelayanan.

Petugas juga harus memperhatikan penampilan dalam memberikan pelayanan. Berpakaian rapi yang menutupi aurat, memakai sepatu, mengenakan kemeja lengkap dengan nametag niscaya meningkatkan keyakinan dari customer terhadap layanan yang akan diberikan.

Wiraga juga menjadi salah satu variable yang harus diperhatikan petugas. Cara menyambut tamu, gestur saat mendengarkan keluhan pelanggan, bahkan cara duduk harus diperhatikan dalam memberikan layanan.

Kegiatan IHT Excellent Service sangat bermanfaat dalam soft kompetensi jajaran KPKNL Kisaran dalam memberikan layanan prima kepada public. “Mari bersama kita tingkatkan pelayanan kepada stakeholder kita, karena ini juga merupakan salah satu upaya kita dalam menggapai predikat ZI-WBK” pungkas Kepala KPKNL Kisaran menutup kegiatan dimaksud. (Foto/Narasi: Yusuf Dwenva Gulo / Mahmud Ashari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini