Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Koordinasi Marathon Kepala KPKNL Kisaran ke Kantah Pertanahan Labuhan Batu, Pemkab Labuhan Batu Selatan dan Kantor BPS Labuhan Batu Selatan
Mahmud Ashari
Selasa, 22 Maret 2022   |   98 kali

Pada hari Kamis (17/4), Kepala KPKNL Kisaran, Agus Budianta, melaksanakan kunjungan kerja dan koordinasi secara marathon ke pimpinan stakeholder di wilayah kerjanya. Kunker dan koordinasi dimulai dengan mengunjungi Kantor Bupati Labuhan Batu Selatan. Pada kesempatan tersebut, Bupati Labuhan Batu Selatan, H. Edimin menyampaikan bahwa masih banyak aset-aset yang sudah layak dimusnahkan (dihapus-red) agar tidak membebani biaya perawatan, dan jika mungkin dijual (pemindahtanganan-red) agar menambah kas daerah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala KPKNL Kisaran menyampaikan bahwa asset-aset yang sudah tidak memiliki nilai ekonomis dan secara tusi sudah tidak diperlukan atau tergantikan, maka sesuai regulasi memang diperbolehkan untuk dihapuskan. Namun sebelum penghapusan, terhadap asset-aset tersebut harus dilakukan penilaian terlebih dahulu, dan salah satu tusi KPKNL adalah menyediakan layanan penilaian asset. “Silahkan Pak Bupati menyampaikan permohonan penilaian asset kepada kami terlebih dahulu untuk kami tindak lanjuti” lanjut Kepala KPKNL Kisaran. Selain pembahasan mengenai asset, kedua pimpinan juga berdiskusi mengenai pengurusan piutang daerah. Kepala KPKNL Kisaran menyampaikan bahwa pihaknya siap untuk membantu pengurusan piutang daerah Kabupaten Labuhan Batu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelumnya, Kepala KPKNL Kisaran terlebih dahulu singgah untuk melakukan kunker dan koordinasi ke Kantor Pertanahan Labuhan Batu. Pada kesempatan tersebut, Kepala KPKNL Kisaran dan Kepala Kantah Labuhan Batu, Moren Naibaho, berdiskusi mengenai progress sertifikasi lahan BMN berupa tanah. Kepala KPKNL Kisaran juga menyampaikan harapan kepada Kepala Kantah agar berupaya untuk memaksimalkan seluruh asset BMN dalam kewenangan Kantah, guna menghindari adanya asset idle. Karena secara ekonomis, asset idle tidak akan mendatangkan manfaat dan justru membebani keuangan negara.

Selanjutnya, Kepala KPKNL Kisaran melanjutkan kunker dan koordinasi ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Labuhan Batu Selatan. Kedua pucuk pimpinan tersebut berdiskusi mengenai pengelolaan BMN yang berada dalam kewenangan BPS dan mekanisme serta kebijakan mengenai pemindahtanganan BMN. Pada kesempatan tersebut, Kepala BPS Labuhan Batu Selatan, Ahmad Jainal, juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan pembangunan gedung kantor. Pembangunan gedung kantor itu sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa dan peningkatan pelayanan public.

Seluruh rangkaian kunjungan kerja dan koordinasi yang dilaksanakan secara marathon tersebut merupakan salah satu upaya KPKNL Kisaran untuk secara langsung mendengarkan aspirasi stakeholder dalam rangka menciptakan intimasi dan peningkatan kepuasan pengguna layanan. (Foto/Narasi: Agus Budianta / Mahmud Ashari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini