Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
KPKNL Kendari laksanakan FGD Triwulan II
Ziha Rahmani
Sabtu, 18 Juni 2022   |   126 kali

Jumat (10/06), KPKNL Kendari Melaksanakan Focus Group Discussion dengan tema “Sistem dan Budaya Kerja – Normal Baru Kementerian Keuangan” yang dipimpin langsung oleh Adi Suharna Kepala KPKNL Kendari selaku Pejabat Administrator. Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan setiap triwulan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan komunikasi internal dan menyelaraskan pemahaman persepsi seluruh pegawai terhadap arahan dan/atau kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan di Aula KPKNL Kendari dan dihadiri oleh seluruh pegawai.

 

Materi pertama yang disampaikan Adi Suharna pada FGD tersebut terkait Cara Kerja Normal Baru: Work From Anywhere (WFA). WFA merupakan arahan dan gagasan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan menjadi kebijakan Nasional untuk melaksanakan WFA bagi Aparatur Sipil Negara. Kementerian Keuangan menyambut cara kerja baru tersebut dengan optimis, sehingga diharapkan Kementerian Keuangan dapat menjadi organisasi yang lebih agile dan produktif. Mengingat diperlukannya rencana yang matang, Kementerian Keuangan sudah mengumpulkan referensi mulai dari instansi pemerintah dan swasta, baik dalam maupun luar negeri.

 

Dalam materi FGD yang kedua dibahas terkait sistem dan budaya kerja normal baru Kementerian Keuangan. Adi menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan sedang mempersiapkan dan menyusun ketentuan pelaksanaan Work From Anywhere, mulai dari kesiapan sarana dan prasarana berupa single digital platform, hingga kesiapan pegawai yang akan melaksanakan WFA itu sendiri. Mengingatkan kembali setiap pegawai untuk selalu menjalankan nilai-nilai Kementerian Keuangan seperti yang sudah menjadi Budaya di lingkungan KPKNL Kendari khususnya. Self discipline  dalam hal jam kerja hingga output yang harus dicapai oleh organisasi merupakan hal yang sangat penting dan merupakan bagian dari nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas. 

 

Setelah paparan materi FGD, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antar pegawai terkait konsep penerapan WFA yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan. Melihat pelaksanaan WFH dan WFO yang dilaksanakan oleh KPKNL Kendari selama masa pandemi Covid-19 2 (dua) tahun terakhir, KPKNL Kendari mampu mengikuti adanya perubahan pola kerja ini, tercermin dari target kantor yang tercapai dan kepuasan pengguna layanan yang baik. Apabila WFA mulai diterapkan untuk seluruh unit di Kementerian Keuangan, KPKNL Kendari akan mempersiapkan dengan lebih baik, dan mengikuti seluruh arahan Kementerian Keuangan dalam hal penerapan WFA, termasuk memeriksa seluruh kesiapan baik sarana dan prasarana pegawai, lokasi pegawai melaksanakan WFA, maupun kesiapan pegawai tersebut.

 

“Perkembangan teknologi dan kondisi kekinian memang harus diadaptasi, baik oleh pegawai maupun organisasi Kementerian Keuangan. Penerapan Work From Anywhere harus disikapi bersama antara pimpinan dengan seluruh anggota agar tetap menjaga pelayanan dan harmonisasi di kantor masing-masing. Kemungkinan, aturan tidak bisa memenuhi ekspektasi semua Pegawai. Namun koordinasi antara Pimpinan dan anggota bisa menjembatani hal tersebut dan bersama menjaga suasana kondusif untuk pelayanan dan mencapai tujuan organisasi dengan optimal.” Ucap Adi, sekaligus mengakhiri kegiatan FGD Triwulan II tahun 2022 ini. (Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Kendari).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Made Sabara Nomor 6 Kendari - 93114
(0401) 3128369
(0401) 3122031
kpknlkendari@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini