Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Sosialisasi Evaluasi Kinerja BMN Demi Kontribusi PNBP Yang Optimal
Dedy Sasongko
Jum'at, 04 Juni 2021   |   181 kali

Jember, (04/06), Kepala KPKNL Jember, M. Lukman Saleh membuka Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara tentang Pengukuran Tingkat Penggunaan BMN dengan SBSK tahun 2021 dan Evaluasi Portofolio Aset Tahunan. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula KPKNL Jember ini dihadiri oleh stakeholder di wilayah kerja KPKNL Jember dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan pandemic covid 19.

”Pengukuran tingkat penggunaan BMN dengan SBSK bertujuan untuk  meningkatkan peran BMN terhadap efisiensi anggaran belanja terutama yang terkait dengan barang modal/BMN dan mendorong peningkatan penerimaan negara melalui PNBP yang bersumber dari pengelolaan BMN”, kata Lukman. Selain hal tersebut Lukman juga menjelaskan bahwa Pengelolaan dan Penatausahaan BMN yang sesuai dengan ketentuan menjadi kunci penting untuk menunjukan kontribusi BMN kepada APBN dengan mengimplementasikan tertib Pengelolaan sesuai fungsi dan karakter BMN.  

Selanjutnya Lukman menyampaikan pentingnya dilaksanakan evaluasi kinerja asset karena adanya permasalahan pengelolaan BMN yang belum optimal dan ini selaras dengan salah satu misi DJKN untuk mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan Negara. “Kegiatan ini agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh stakeholder yang hadir untuk menggali informasi sebanyak banyaknya agar pengelolaan BMN di instansi masing masing dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan peraturan yang ada”  harap Lukman.

Shoim Rahmanto, Kepala Seksi PKN menyampaikan manfaat penerapan evaluasi portofolio aset tahunan adalah untuk mengidentifikasi dan mengumumkan K/L yang menggunakan BMN secara kurang optimal, memaksimalkan penggunaan/ pemanfaatan BMN berupa lahan/bidang tanah kosong dan/atau idle dan mengidentifikasi tanah dan bangunan pemerintah yang memiliki potensi penggunaan/pemanfaatan alternatif yang lebih baik. Adapun proses evaluasi portofolio aset dilaksanakan dengan mengidentifikasi dan menginventarisasi seluruh aset (tanah & bangunan), mengevaluasi seluruh portofolio berdasarkan kriteria kepemilikan aset dan rencanan pemerintah dengan memperhatikan portofolio risk, pengumpulan data, pengolahan data menggunakan aplikasi portofolio aset dan mengevaluasi keseluruhan portofolio terhadap program prioritas pemerintah dan portofolio risk serta mengimplementasi perubahan struktur portofolio.

Pelaksana Seksi PKN, Sigit menjelaskan tentang tahapan pelaksanaan Pengukuran Tingkat Kesesuaian Penggunaan BMN dengan SBSK Tahun 2021 tahap pertama adalah verifikasi data target sosialisasi, tahap kedua pelaksanaan pendataan, tahap tiga perhitungan, tahap keempat  penyusunan & penyampaian laporan tingkat KPKNL, tahap selanjutnya monev oleh Kanwil DJKN, serta tahap terakhir adalah penyusunan & penyampaian laporan tingkat wilayah. (Humas KPKNL Jember)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Slamet Riyadi No. 344 A Jember - 68117
(0331) 428758
(0331) 428760
kpknljember@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini