Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jambi > Berita
Extra Hours Menuju 100% Target Sertifikasi Tahun 2013
N/a
Kamis, 17 Oktober 2013   |   261 kali

Jambi - “Mari Kita Benahi Aset Negara!”, Semboyan itu bergema dalam Rapat Monitoring Percepatan Sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa Tanah Tahun 2013 dan Identifikasi Data Target Tahun 2014. Rapat yang berlangsung pada tanggal 29 September  2013 sampai dengan 1 Oktober 2013 di Wiltop Hotel, Jambi, dihadiri oleh perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung, Kanwil Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Jambi, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Jambi, seluruh Kantor Pertanahan di wilayah Provinsi Jambi, dan satker yang memperoleh target sertifikasi Tahun 2014. Acara ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut atas pelaksanaan program percepatan sertifikasi tahun 2013 yang ditargetkan akan berakhir pada Desember 2013, serta merupakan upaya aktif “Jemput Bola” dari KPKNL Jambi dan Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi,dan Bangka Belitung terkait dengan program sertifikasi tahun 2014.

Wahjudi Prajogo Kepala KPKNL Jambi menyampaikan bahwa dari 50 bidang tanah target sertifikasi tahun 2013, 23 bidang telah selesai hingga tahap sertifikat, untuk sisa 27 bidang lainnya, beberapa sedang dalam tahap pengukuran, panitia, dan penetapan hak. Seluruhnya ditargetkan selesai hingga tahap sertifikat pada akhir bulan November tahun 2013. Encep Sudarwan Kepala Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung menyampaikan apresiasinya atas sinergi dan kerjasama yang telah terbangun antara Kanwil BPN dan seluruh Kantor Pertanahan di wilayah Provinsi Jambi dengan seluruh satker yang memperoleh target sertifikasi. “Program Percepatan Sertifikasi ini adalah upaya nyata untuk menuju 3T “Tertib Fisik, Tertib Hukum, dan Tertib Administrasi” dalam Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN),” ucap Encep dalam sambutannya. Encep juga memberikan arahan bahwa ke depannya harus ada hubungan tripartit antara BPN, DJKN, dan Satker di wilayah Provinsi Jambi yang memperoleh target sertifikasi tahun 2014.

Pada kesempatan tersebut, Teuku Murdani Kepala Kanwil BPN Provinsi Jambi menyatakan kesiapan seluruh jajaran Kantor Pertanahan di Wilayah Provinsi Jambi untuk menuntaskan program percepatan sertifikasi tahun 2013.  Murdani menghimbau kepada satker yang memperoleh target sertipikasi tahun 2014 agar berperan aktif dalam melakukan identifikasi dan verifikasi berkas permohonan bersama dengan Kantor Pertanahan. “Ini adalah kewajiban kita bersama untuk menyukseskan pelaksanaan program percepatan sertifikasi tahun 2013”, ucap Murdani mengakhiri sambutannya.

Dari hasil koordinasi dengan Kanwil BPN Provinsi Jambi, diketahui di dalam Rencana Kerja & Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) Tahun 2014 terdapat alokasi dana sertipikasi BMN sebanyak 150  bidang, sementara pagu indikatif pada KPKNL Jambi terdapat data sertifikasi tahun 2014 sebanyak 190 bidang. Selanjutnya, terhadap hal ini akan dilakukan konfirmasi dan koordinasi ke Kantor Pusat DJKN oleh KPKNL Jambi.

Terhadap identifikasi awal data target sertifikasi tahun 2014 yang layak untuk dilanjutkan ke tahap sertifikat dari pagu indikatif sebanyak 190 bidang, namun setelah diverifikasi pendahuluan hanya 80 bidang layak untuk dilanjutkan proses sertifikasi, selanjutnya akan dicarikan 110 bidang tanah pengganti. (Nico FOS, Prasasta/KPKNL Jambi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini