Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta V > Berita
Hindari Penyalahgunaan Security Paper
N/a
Kamis, 19 November 2015   |   911 kali

Jakarta - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta V mengadakan pemusnahan security paper pada 19 November 2015. Bertempat di ruang rapat, KPKNL Jakarta V memusnahkan 44 buah security paper. Pemusnahan tersebut dilakukan terhadap security paper yang salah cetak, tinta cetakan mluber dan cacat fisik lainnya. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor KPKNL Jakarta V beserta kepala seksi berikut staf seksi pelayanan lelang dan staf subbagian umum KPKNL Jakarta V dan disaksikan pula perwakilan dari Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Dasar dari pemusnahan security paper adalah pasal 16 Ayat (3) dan (4) Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-2/KN/2012. Pada aturan tersebut disebutkan apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan/atau pencetakan kutipan risalah lelang pada kertas sekuriti yang menyebabkan kertas sekuriti tidak jadi digunakan untuk kutipan risalah lelang, maka kertas sekuriti tersebut disimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk kemudian dimusnahkan/dihancurkan pada masing-masing KPKNL. Pemusnahan disaksikan oleh perwakilan kanwil dan dibuatkan Berita Acara Pemusnahan/Penghancuran Kertas Sekuriti.

Sugiwanto selaku Kepala KPKNL Jakarta V dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk menghindari penyalahgunaan security paper dan menjalankan ketentuan dalam Perdirjen No.2/KN/2012, KPKNL Jakarta V memusnahkan security paper tersebut. Perwakilan dari Kanwil DJKN DKI Jakarta yaitu Kepala Seksi Bimbingan Lelang II (Open Sinaga) menyampaikan bahwa pemusnahan security paper ini merupakan kegiatan yang tidak tiap tahun dilakukan oleh KPKNL, Oleh karena itu kegiatan tersebut harus dilakukan dengan baik dan tertib.

Pelaksanaan pemusnahan security paper ini berlangsung dalam suasana santai sesekali candaan dan guyonan terlontar dalam acara ini. Secara simbolik acara pemusnahan dilakukan oleh Kepala Kantor KPKNL Jakarta V dilanjutkan perwakilan Kanwil DJKN DKI Jakarta, kasi pelayanan lelang KPKNL Jakarta V dan diselesaikan oleh staf seksi pelayanan lelang. Setelah pemusnahan selesai ditandatangani Berita Acara Pemusnahan/Penghancuran Security Paper. (Penulis/fotografer: Sie HI/duja)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini