Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta V > Berita
Tingkatkan Awarenes dengan Sinergi
N/a
Rabu, 12 Agustus 2015   |   809 kali

Jakarta - Pusat Informasi dan Teknologi Kementerian Keuangan (PUSINTEK) mengadakan kunjungan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V pada Selasa 11 Agustus 2015. Kunjungan dilakukan Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan awareness pegawai  Pusintek dengan proses bisnis Direktorat Jenderal Kekayaan Negara khususnya pada kantor pelayanan. Kunjungan tersebut dilaksanakan oleh 12 (dua belas) pejabat/pegawai Pusintek. Bertempat di ruang rapat KPKNL Jakarta V kedatangan rombongan disambut Utami Dewi selaku Kepala Sub Bagian Umum bersama para Kepala Seksi dan staff di lingkungan KPKNL Jakarta V. 

Utami Dewi dalam pembukaannya memperkenalkan terlebih dahulu bagaimana sejarah berdirinya KPKNL Jakarta V. Kemudian memaparkan keberhasilan KPKNL menjadi Kantor berpredikat WBBM pertama di DJKN. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan proses bisnis pada KPKNL Jakarta V yang salah satunya adalah e-Auction yang disampaikan oleh Palomes selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang. e-Auction membuat lelang lebih mudah, efisien dan meminimalisir gesekan dan tekanan antar sesama peserta lelang pada lelang konvensional. Pada kesempatan itu juga tepat pada jam 10.00 secara real time juga ditunjukkan bagaimana lelang e-Auction dilaksanakan karena pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan lelang e-Auction pada PT Waskita Karya yang diselenggarakan oleh KPKNL Jakarta V. 

Pemaparan selanjutnya mengenai SIMAN yang disampaikan oleh Haryanah selaku Kasi Pengelolaan Kekayaan Negara. SIMAN merupakan aplikasi berbasis internet yang dapat diakses pengelola barang dan pengguna barang, SIMAN mengatasi permasalahan pada aplikasi sebelumya SIMAK BMN yaitu detail asset, asset tracking dan monitoring pengelolaan BMN demikian disampaikan oleh Haryanah.

Sharing knowledge berlangsung hidup dan dua arah.  Agus Julianto selaku Kasubbidang Operasional Pusat Data menyampaikan adanya layanan TIK dari Pusintek yang berjumlah 20 (dua puluh). Di antaranya adalah layanan hosting aplikasi dan/atau data, layanan pengembangan interkoneksi infrastruktur, layanan pengembangan infrastruktur LAN, Layanan dukungan kegiatan khusus, dan lain lain.

Diskusi berlangsung menarik karena banyak hal yang sebelumnya belum diketahui sekarang menjadi tahu. Tidak lupa permasalahan mengenai akses e-performance dibahas. Sulitnya untuk mengisi e-performance karena aplikasi yang baru sehingga masih benyak memerlukan kesempurnaan, bahkan Agus juga menambahkan bahwa permasalahan tersebut sekarang sedang diperbaiki di Pusintek.   

Acara ditutup oleh Kepala Kantor KPKNL Jakarta V, Sugiwanto yang sangat mengapresiasi kunjungan Pusintek ke KPKNL Jakarta V. Dengan kunjungan ini diharapkan Pusintek sebagai supporting unit dibidang TIK memiliki awareness terhadap aplikasi di KPKNL khususnya yang terkait dengan pelayanan kepada pihak eksternal. Tak lupa mengucapkan terimakasih atas kunjungan rombongan Pusintek dan berpesan untuk selalu bersinergi dan bekerja sama saling mendukung terutama antara instansi di Kementerian Keuangan. (Penulis/Foto: Duja, editor : Palomes)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini