Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta V > Berita
Laporan Akutansi Berbasis Akrual
N/a
Selasa, 21 April 2015   |   1465 kali

Batam - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam mengadakan acara Penyusunan Pagu Indikatif TA 2016 dan Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan I 2015 unit DJKN. Acara dihadiri Kepala Seksi Perencanaan Anggaran Kantor Pusat DJKN beserta staf, para Kasubbag Umum beserta staf dari lima KPKNL di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (RSK). Bersamaan dengan itu juga diadakan Rapat Koordinasi Forum Kasubbag Umum Kanwil/KPKNL  DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini dibuka oleh Kepala KPKNL Batam Syukry Asyhady dan narasumber dari Tim Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jendral Kementerian Keuangan. Acara berlangsung ada Kamis 16 April 2015, bertempat di Aula KPKNL Batam.

Dalam sambutannya kepala KPKNL Batam menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini dan memberikan arahan agar kesempatan ini dipergunakan sebaik - baiknya untuk menambah ilmu dari narasumber Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jendral dan sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya hal-hal teknis menyangkut keuangan secara umumnya. Materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut antara lain Evaluasi Kinerja Keuangan Tahun Anggaran (TA) 2014, Roadmap Penerapan PBK lingkup Kementerian Keuangan, Better Practice Guide PBK, Arah dan Kebijakan Penganggaran TA 2016.

Di samping itu, peserta juga diperkenalkan dengan Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA). Di mana Sistem akuntansi yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan sampai dengan TA 2014 adalah berbasis kas menuju akrual (cash toward accrual). Mulai tahun 2015 basis akrual diterapkan pada Pemerintah Pusat untuk menghasilkan laporan keuangan. Kementerian Keuangan mengembangkan aplikasi akuntansi yang selama ini telah digunakan dalam basis kas menuju akrual (cash toward accrual) yaitu Sistem Akuntansi Instansi (SAl) menjadi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) untuk digunakan setiap Kementerian Negara/Lembaga.

Adapun tujuan dari penyusunan Modul Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual ini diantaranya untuk menciptakan keseragaman dalam penerapan perlakuan akuntansi dan penyajian laporan keuangan, sehingga meningkatkan kualitas laporan keuangan pada tingkat satuan kerja, tingkat wilayah, tingkat eselon I dan tingkat Kementerian Negara/Lembaga.

Di sela – sela pelaksanaan Penyusunan Pagu Indikatif TA 2016 dan Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan I 2015 unit DJKN, juga diadakan Rapat Koordinasi Forum Kasubbag Umum Kanwil/KPKNL  DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Rapat ini membahas diantaranya terkait dengan current issues hasil Rapat Kerja DJKN mengenai pengenalan slogan baru DJKN CARE (Commited, Able, Responsive and Enthusiastic). Rapat juga membahas penerapan budaya kerja dan nilai – nilai Kementerian Keuangan agar tidak sekedar dipahami tetapi juga hendaknya diterapkan oleh seluruh pegawai dan menimbulkan motivasi baru bagi seluruh KPKNL RSK.

Di samping itu, Kabag Umum Kanwil DJKN RSK  Miftahul Huda mengajak Kasubbag Umum DJKN RSK untuk bersinergi menyatukan langkah dan mengoptimaliasi peran Subbagian Umum. Para Kasubbag diharapkan meningkatkan pelayanan kantor serta mengevaluasi pencapaian IKU terkait Subbagian Umum Tahun Anggaran 2014 dan Triwulan I Tahun Anggaran 2015 agar lebih ditingkatkan lagi. (Penulis/foto:Tim HI KPKNL Batam)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini