Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta IV > Berita
Persiapan Rekonsiliasi Data BMN Semester II TA 2013
N/a
Rabu, 08 Januari 2014   |   713 kali

Jakarta - Jumat CERDAS, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Jakarta IV, pada 3 Januari 2014 bertempat di Ruang Rapat KPKNL Jakarta IV menyelenggarakan briefing kepada Tim Rekonsiliasi untuk persiapan Pelaksanaan Rekonsiliasi Data BMN Semester II T.A. 2013 antara Kuasa Pengguna Barang dengan KPKNL Jakarta IV.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 102/PMK.5/2009 dan Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor 07/KN/2009 bahwa satuan kerja wajib melaksanakan pemutakhiran dan rekonsiliasi data Barang Milik Negara (BMN) tingkat UAKPB setiap semester. Kegiatan pemutakhiran dan rekonsiliasi BMN antara satuan kerja dengan KPKNL periode Semester II ditetapkan pada tanggal 17 Januari setiap tahunnya, dengan ketentuan jika melewati batas akhir sampai 5 (lima) hari setelah batas akhir rekonsiliasi, maka akan diterbitkan surat peringatan.

Agung Budi Setjiadji, Kepala Kantor KPKNL Jakarta IV menyampaikan bahwa salah satu dukungan awal Progress transformasi kelembagaan salah satunya adalah proses rekonsiliasi, “arah DJKN nantinya akan ditentukan”, tutur Agung.

Tujuan kegiatan ini yang pertama adalah memberikan persepsi yang sama sehingga tercapai keseragaman dalam pelaksanaan pemutakhiran dan rekonsiliasi data BMN, yang kedua yaitu, meningkatkan keandalan dan keakuratan Laporan BMN dan Laporan Keuangan serta meminimalisir terjadinya perbedaan pencatatan yang berdampak pada validitas dan akurasi data yang disajikan dalam Laporan BMN dan Laporan Keuangan.

Agus Budianta, Kepala Seksi PKN menambahkan, proses bisnis kegiatan ini harus jelas, baik dari kesiapan Tim petugas rekonsiliasi, tempat dan fasilitas yang mendukung, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan dan memberikan kenyamanan bagi para pihak satuan kerja dan agar dapat mempercepat proses rekonsiliasi.

Selama rapat berlangsung para petugas rekonsiliasi mendengarkan dengan serius paparan dari Dwi Marinda Sari, pegawai dari seksi PKN ini dengan sabar menyampaikan dengan detail penjelasan terkait tujuan rekonsiliasi data BMN dan jobdesk masing-masing petugas. Acara ini ditutup dengan simulasi kegiatan rekonsiliasi agar para petugas semakin paham dan siap dalam melaksanakan rekonsiliasi BMN.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 3440910
(021) 3448363
kpknljakarta4@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini