Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta II > Berita
Peninjauan Aset KKP Optimalkan Potensi Penerimaan Negara
Didit Prasetyo
Senin, 19 Februari 2024   |   27 kali

Jakarta – Pada minggu ke dua bulan Februari 2024, Tim Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) KPKNL Jakarta II telah melaksanakan peninjauan lapangan terhadap aset Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Rangkaian kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam evaluasi aset yang diarahkan untuk optimalisasi melalui pemanfaatan dalam bentuk sewa.

Pentingnya evaluasi ini tidak hanya sebatas pengelolaan aset, tetapi juga langkah strategis untuk memastikan bahwa aset negara dapat memberikan kontribusi terbaiknya serta memastikan bahwa potensi terbaik dari aset ini dapat diaktifkan untuk mendukung sektor kelautan dan perikanan, sekaligus meningkatkan penerimaan negara.

Dalam kegiatan ini terdapat dua aset milik KKP yang akan dimanfaatkan melalui mekanisme sewa. Pertama, sebidang tanah dan bangunan di Kamal Muara, Penjaringan Jakarta, yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya air payau dan pemancingan ikan. Sementara itu, aset kedua berlokasi di Muara Baru Ujung Jakarta, yang akan dijadikan cold storage guna mendukung keberlanjutan sektor perikanan.

Selain Penilai dari KPKNL Jakarta II, proses penilaian aset ini juga melibatkan Penilai dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta sebagai salah satu bentuk kolaborasi penilaian aset untuk memperoleh nilai pemanfaatan yang terbaik. 

Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam meningkatkan pemanfaatan optimal dari aset negara guna mendukung sektor-sektor strategis. Dengan bertujuan untuk memastikan aset negara terkelola dan terutilisasi sesuai dengan potensi terbaiknya, rangkaian kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas pengelolaan aset demi menunjang potensi penerimaan negara.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Jakarta Pusat
(021) 34835236
kpknljakarta2@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini