Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Berita
KPKNL Gorontalo Selenggarakan SIAP Edisi Perdana 2023 dan Perkenalan Pejabat Pengawas Baru
Yus Iriyanto Ilahude
Selasa, 03 Januari 2023   |   68 kali

Gorontalo – Acara Sharing Informasi Antar Pegawai (SIAP) kali ini sedikit istimewa, selain merupakan edisi perdana di tahun 2023, juga karena kehadiran 2 peserta baru. Mereka adalah para pejabat pengawas yang baru ditugaskan di KPKNL Gorontalo. Pangky Yulianto sebagai Kepala Seksi Hukum dan Informasi dan Wegig Nurdiansyah sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara.

Sebagaimana diketahui, SIAP adalah acara rutin di KPKNL Gorontalo yang diadakan setiap Senin. Acara SIAP merupakan kegiatan dari pegawai, oleh pegawai, dan untuk pegawai. Setiap pegawai mendapatkan kesempatan untuk membagikan informasi apa saja sebagai tambahan wawasan kepada pegawai lainnya.

"Semua pegawai harus punya kemampuan komunikasi publik yang baik. Acara SIAP ini adalah wadah bagi pegawai untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Setiap pegawai belajar untuk mempresentasikan materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pegawai lain. Berdasarkan pengamatan saya, sejak acara SIAP diadakan kemampuan komunikasi pegawai KPKNL Gorontalo meningkat, paling rendah mendapat nilai 8,5 dari skala 10," kata Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan, dalam sambutannya pada acara SIAP yang diadakan secara luring di Aula KPKNL Gorontalo pada Senin (02/01).

Sebelum acara SIAP dimulai, diberikan kesempatan kepada Pangky Yulianto dan Wegig Nurdiansyah untuk memperkenalkan diri. Keduanya berterima kasih karena sudah disambut dengan baik oleh keluarga besar KPKNL Gorontalo dan berharap agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada mereka. Tak lupa mereka mengharapkan bimbingan dan kerjasama dari seluruh pegawai KPKNL Gorontalo.

Materi SIAP kali ini dibawakan oleh Onding, pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara yang membawakan tema yang sangat menarik yaitu "Self Discipline".

"Self discipline adalah kecakapan untuk menunda kesenangan yang instan, untuk tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Self discipline berbeda dengan self control karena self control adalah bagian dalam mewujudkan disiplin diri. Untuk menerapkan disiplin diri butuh usaha yang gigih, tidak mudah putus asa, dan rajin mencari ide-ide kreatif. Dengan menerapkan disiplin diri secara konsisten, maka  tujuan seseorang untuk mencapai sukses karir akan mudah diwujudkan," kata Onding.

Lebih lanjut Onding memaparkan bahwa komponen pembentuk self discipline adalah willpower yaitu kekuatan, kemauan, dan tekad yang ada dalam diri manusia. Sedangkan self control akan konsisten apabila seseorang memiliki willpower yang kuat.

Materi SIAP tersebut mendapat feedback dan berlangsung interaktif. Beberapa pegawai memberikan pertanyaan dan tanggapan atas materi yang disampaikan. Di akhir acara, Iwan Darma Setiawan memberikan kesimpulan dan pesan agar dalam menerapkan disiplin diri, jangan sampai kita malah terbebani.

"Kerjakan segala sesuatu dengan bahagia dan temukan potensi diri masing-masing sehingga kita bisa mencapai apa yang kita cita-citakan," harap Iwan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini