Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Batik Tulis Ciwaringin dan Rotan Siap Tayang di lelang.go.id
Rohman Juani
Rabu, 14 Juni 2023   |   31 kali

Tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Cirebon melakukan kunjungan ke salah satu tempat pelaku atau pengusahan UMKM yang berada di daerah Kabupaten Cirebon, Selasa (13/6).

Tim Kedai Lelang UMKM mengunjungi pelaku UMKM Batik Tulis Ciwaringin, dan bertemu dengan Farhan. Farhan menyampaikan bahwa batik tulis Ciwaringin ini terkenal dengan motif dan menggunakan bahan pewarna alami yang memberikan kesan kalem dari batik tulis tersebut.

Bahan pewarna ini menggunakan kulit buah rambutan, manggis, daun jambu, daun mangga, kulit batang pohon, dan lain-lain. Motif dari batik tulis Ciwaringin ini menggambarkan unsur flora, seperti Tebu Sekeret, Pecutan, Pring Sedapur, Ciwaringin, Sapu Jagat.

Proses pembuatan batik tulis ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan mengulangi beberapa proses, khususnya pada proses pewarnaan. Pada proses ini membutuhkan waktu, kain batik harus dicelupkan dengan pewarna alami secara berulang untuk menghasilkan warna yang bagus.

Selanjutnya, tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Cirebon mengunjungi tempat pelaku atau pengusaha UMKM rotan yang berada di Kabupaten Cirebon, yaitu Pusaka Jaya Rotan. Pelaku UMKM rotan ini memproduksi berbagai furniture dari rotan asli, rotan sintetis

Kunjungan ini bertujuan agar KPKNL Cirebon serta pelaku UMKM di wilayah Ciayumajakuning dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dengan memasarkan produknya melalui lelang.go.id.

Produk batik tulis ciwaringin dan rotan ini akan tayang dan dilelang melalui “lelang.go.id”, bagi #SobatKaeN yang ingin mengikuti produk UMKM tersebut jangan sampai terlewat.

#AyoIkutLelang #ProdukUMKM #KPKNLCirebon #KPKNLCirebonWBBM2024

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 48 Cirebon - 45122
(0231) 202513
(0231) 238773
kpknlcirebon@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini