Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Evaluasi Kinerja BMN di Kuningan, KPKNL Cirebon: Satu Data, BPS Pakarnya Data
Rohman Juani
Selasa, 21 Februari 2023   |   90 kali

Kuningan – Dalam rangka mencari data pendukung evaluasi kinerja Barang Milik Negara (BMN) di Kabupaten Kuningan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cirebon melaksanakan kunjungan kedinasan ke Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuningan, Kuningan, Rabu (15/2).

Staf Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Cirebon sekaligus PIC Evaluasi Kinerja BMN Lilik Ardi Nugroho menjelaskan kunjungan kedinasan kali ini menjalankan surat tugas Kepala KPKNL Cirebon dalam rangka meminta data manfaat sosial guna evaluasi kinerja BMN di Kabupaten Kuningan.

“Satu data. BPS kan pakarnya data. Agar data evaluasi kinerja BMN yang kami susun tepercaya, makanya kami berkunjung ke BPS Kabupaten Kuningan. Saat ini kami sedang melakukan evaluasi kinerja BMN di Kabupaten Kuningan pada Lembaga Pemasyarakatan Kuningan dan Kejaksaan Negeri Kuningan”, ujar pria yang pernah bertugas pada Direktorat Barang Milik Negara.

Disambut oleh Kepala Subbagian Umum BPS kabupaten Kuningan, Lilik menyampaikan bahwa evaluasi kinerja BMN merupakan kegiatan pengukuran kinerja BMN yang dilakukan secara sistematis dan terukur terhadap objek berupa tanah dan/atau bangunan dengan mempertimbangkan enam indikator, antara lain kepentingan umum, manfaat sosial, kepuasan pengguna, potensi penggunaan masa mendatang, kelayakan finansial dan kondisi teknis/fisik. “Tujuan dilaksanakan evaluasi kinerja BMN adalah memberikan rekomendasi kepada Pengguna Barang (menteri/pimpinan lembaga) maupun Kuasa Pengguna Barang (kepala satker) guna menjadi pertimbangan dalam pengelolaan BMN”, terang Lilik.

Pada kesempatan kali ini, Lilik menyampaikan apresiasi atas pengelolaan Barang Milik Negara pada BPS Kabupaten Kuningan dimana dari aspek penggunaan BMN tercatat 97,35 persen telah ditetapkan status penggunaan. Selain dari aspek penggunaan, Lilik menyampaikan perencanaan pengelolaan BMN dari aspek pemanfaatan maupun pemindahtanganan.

Kepala Subbagian Umum BPS Kabupaten Kuningan Agus Awaludin menyampaikan bahwa sebelumnya pernah ada sewa kantin, namun sekarang sudah tidak ada lagi. Dirinya mengungkapkan bahwa jumlah kunjungan ke BPS Kabupaten Kuningan lebih banyak secara online. “Kami gunakan ruang tersisa yang ada untuk fasilitas pegawai seperti ruang terbuka yang bisa digunakan pegawai untuk bekerja atau sekedar melepas lelah. Kami juga sedang berkoordinasi dengan Kanwil BPS Provinsi Jawa Barat terkait penjualan BMN kondisi rusak berat”, jelasnya.

Dalam kunjungan kedinasan tersebut, Lilik beserta dua staf seksi Pengelolaan Kekayaan Negara lainnya Bambang Nugroho Dwi Atmojo dan Budi Prasetyo, diajak berkeliling ruangan BPS Kabupaten Kuningan, dimana salah satunya melihat aktivitas pengolahan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di aula BPS Kabupaten Kuningan. BPS Kabupaten Kuningan melibatkan partisipasi masyarakat dalam mengolah data Regsosek dan mengoptimalkan BMN berupa aula kantor dan peralatan mesin lainnya guna mendukung upaya pemerintah membangun data kependudukan tunggal atau satu data. (pkn/bp)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 48 Cirebon - 45122
(0231) 202513
(0231) 238773
kpknlcirebon@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini