Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bukittinggi > Artikel
Work-Life Balance
Mochammad Teguh Ariyanto
Kamis, 30 September 2021   |   295 kali

Tidak semua orang mengerti konsep seimbang, keseimbangan terletak di tengah. Namun seimbang itu tidak harus selalu di tengah. Contohnya yaitu seseorang yang sangat suka menghabiskan waktunya untuk bekerja mungkin porsi seimbangnya berbeda dengan orang yang bekerja hanya sekedarnya saja. Jadi dari sini dapat kita simpulkan titik seimbang antar individu itu berbeda, tergantung pada karakter, hobi, waktu dan situasi yang sedang mereka hadapi. Jadi tidak tepat rasanya ketika satu individu menyamakan tingkat keseimbangannya dengan titik keseimbangan orang lain.

Professor dari Queesland University of Technology, yaitu Paula McDonald dan kawan-kawan menyatakan bahwa ‘’keseimbangan kehidupan kerja adalah sejauh mana seseorang merasa puas dengan menjalankan segala peran dalam kehidupan di luar dan di dalam pekerjaannya’’. Dari pernyataan tersebut dapat kita pahami bahwa rasa puas menjadi indikator bahwa seseorang berada di titik keseimbangan. Titik dimana seseorang merasa bahagia ketika berhasil menjalankan peran di dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaannya dengan sangat baik.

Seimbang akan terjadi ketika semua keadaan di pekerjaan atau di rumah mendukung dan memberikan semangat serta kesenangan. Jadi ini bukan perihal berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bekerja atau untuk bersantai di rumah, melainkan masalah waktu yang dihabiskan dapat menghasikan sesuatu yang berkualitas.

Walaupun menyeimbangkan sesuatu tidak semudah yang dipikirkan, manusia setiap harinya akan terus mencari titik keseimbangan agar mereka merasa nyaman dan bahagia dengan apa yang mereka lalui setiap harinya. Hal ini dilakukan agar semua hal dalam hidup memiliki porsi yang pas yaitu hubungan dengan Sang Pencipta, keluarga, pekerjaan, ataupun hobi yang sedang ditekuni.

Adapun upaya KPKNL Bukittinggi untuk menciptakan Work Life Balance yaitu dengan mengadakan kegiatan bersepeda bersama, bintal, outing, dan jalan santai. Kegiatan ini rutin dilaksanakan secara bergantian setiap Jumat pagi. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan pegawai KPKNL Bukittinggi dapat menemukan titik keseimbangan yang menyenangkan di kantor. Dengan adanya hal tersebut, kegiatan di kantor tidak melulu soal bekerja, bekerja, dan bekerja. Namun juga ada kegiatan bersama yang dapat meningkatkan dopamin dalam tubuh pegawai. Kegiatan bersama ini membuat pegawai saling mengenal satu sama lain, meningkatkan kerjasama serta kekompakan.

Penulis :  Filzah Mutia

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini