Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bengkulu > Berita
Kolaborasi dengan Rakyat Bengkulu TV, KPKNL Bengkulu Ingatkan Masyarakat untuk Waspada terhadap Modus Penipuan Lelang
Lailatul Laraswati Mukharromah
Senin, 06 Mei 2024   |   15 kali

Bengkulu – Bercermin dari beberapa aduan korban modus penipuan lelang, KPKNL Bengkulu lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus tersebut. Zaihani, Pelelang Ahli Muda KPKNL Bengkulu menjadi narasumber dalam segmen Selamat Pagi Bengkulu yang disiarkan langsung oleh Rakyat Bengkulu Televisi pada Senin (6/5/2024).

 

Dalam perbincangannya bersama Host Indah Septirisani, Zaihani mengenalkan bentuk-bentuk modus penipuan lelang yang sering terjadi, mulai dari menawarkan lelang internal dan mengaku sebagai pegawai KPKNL, menawarkan harga tetap yang terlalu murah, meminta transfer uang jaminan lelang dan pelunasan melalui rekening pribadi, menjanjikan menang lelang, serta menolak peserta yang ingin melakukan survei objek lelang.

 

Menjawab pertanyaan host terkait banyaknya laporan ke KPKNL Bengkulu terkait penipuan lelang, Zaihani menjelaskan terdapat 6 pengaduan di sepanjang tahun 2023 dengan 4 di antaranya sudah melakukan transfer uang ke oknum yang tidak bertanggung jawab dan 2 lainnya masih berupa konfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan transfer. Adapun di tahun 2024 ini terdapat pengaduan yang terjadi beberapa minggu lalu dengan kasus serupa dan sudah terlanjur melakukan transfer. Kerugian dari para korban ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

 

Untuk itu, Zaihani menekankan bahwa lelang online Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dilakukan secara terbuka dan  dapat diikuti oleh seluruh masyarakat melalui situs lelang.go.id atau portal.lelang.go.id dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu untuk selanjutnya dapat mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh KPKNL di seluruh Indonesia. Uang jaminan lelang dan pelunasan objek lelang pun dilakukan melalui virtual account rekening penampungan masing-masing KPKNL, bukan rekening pribadi bendahara.

 

Berkaitan dengan tema pagi ini, Zaihani menutup perbincangan tersebut dengan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan jangan mudah tergiur oleh objek lelang dengan harga murah.

 

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap modus penipuan lelang dan melakukan konfirmasi terlebih dahulu jika ragu terhadap objek lelang tersebut,” tutupnya.

 

Adapun masyarakat Bengkulu dapat melakukan konfirmasi jika terdapat pengumuman lelang yang mencurigakan melalui WhatsApp Layanan KPKNL Bengkulu di nomor 0811 7305 175 atau media sosial Instagram dan Facebook KPKNL Bengkulu.

Dengan adanya sosialisasi yang juga merupakan rangkaian dalam menyemarakkan 116 Tahun Lelang Indonesia ini, diharapkan pengaduan terkait modus penipuan lelang di Bengkulu semakin berkurang atau bahkan tidak ada lagi untuk ke depannya. KPKNL Bengkulu juga akan terus berusaha untuk mengedukasi masyarakat dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini