Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Pembinaan Awal Tahun 2024 oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat
Yuliati
Senin, 29 Januari 2024   |   93 kali

Pada Jumat 26 Januari 2024, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 KPKNL Bekasi, dilaksanakan Pembinaan oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho yang dihadiri oleh Kepala Kantor, seluruh Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional, dan para pegawai yang baru mutasi dan bergabung di lingkungan KPKNL Bekasi. Dibuka oleh Bernadette Yuliasari Mulyatno atau yang akrab disebut Deta selaku Kepala Kantor, beliau menyampaikan update jumlah dan komposisi pegawai dengan adanya surat keputusan mutasi di lingkungan DJKN. Sebelum pegawai baru ditempatkan, pegawai juga diberikan kesempatan awal untuk memilih preferensi bidang tugas namun disesuaikan kembali dengan mempertimbangkan kebutuhan organisasi. Disampaikan juga bahwa terkait lelang di KPKNL Bekasi, terus dilakukan koordinasi dengan sesama pelelang dan menyamakan persepsi atau pemahaman dan bagaimana mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan melalui layanan informasi terutama dengan adanya masa transisi ini. Dengan kedatangan dari Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Deta mengharapkan KPKNL Bekasi mendapatkan arahan, pembinaan, dan evaluasi kinerja di tahun 2023.

Selanjutnya, adalah perkenalan dari para pegawai yang baru mutasi ke KPKNL Bekasi beserta tempat penugasannya. Tavianto meminta agar semua pegawai melakukan kerja yang terbaik dan melaksanakan tugas dan fungsi sebaik-baiknya.

Tavianto meminta agar seluruh pegawai mengetahui dan mempelajari tentang APBN. Dimana posisi kita, bagaimana peran pelelang, dan juga penilai untuk APBN. Diharapkan semua pegawai mengetahui tugas dan fungsi tidak hanya DJKN namun Kementerian Keuangan pada umumnya. Setiap pertanyaan atau keluhan yang kita hadapi kita jawab sesuai kemampuan atau kemudian dapat dieskalasi dengan merekomendasikan kepada pegawai lain yang berkompeten, karena kita butuh percepatan, kepastian, dan juga keadilan.

Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Jawa Barat, Didith Andreas Andiana juga memberikan arahannya. Disampaikan oleh Didith bahwa ketika kita diberikan target, yang kita lihat tidak hanya dari dari sisi eksternal saja, tapi yang turut  menjadi faktor penentu adalah apa yang ada di dalam kendali kita. Artinya ketika kita menghadapi tantangan, bagaimana kita menyikapi, merespon dan juga mengkaji ulang bagaimana cara kita menghadapi target yang telah ditentukan. Faktor internal juga sangat penting. Dalam mencapai target, penting bagi kita melaksanakan konsolidasi, sinergi, dan mendapatkan kepercayaan antar pegawai di unit kerja.

Tavianto di akhir pembinaannya menyampaikan bahwa kita sebagai insan KPKNL Bekasi harus bisa menemukan potensi diri, tidak hanya mampu mengerjakan tusi yang sedang dihadapi namun mengetahui apa yang menjadi kekurangan kita. Penting bagi setiap pegawai untuk mempelajari teknik coaching. Bagaimana kita bisa meningkatkan potensi kita yang kurang, tidak hanya bagi pejabat tapi juga dapat dilaksanakan oleh pelaksana. Tingkatkan juga kompetensi sosial kultural. Kita harus bisa menjaga kredibilitas, reputasi, dan nama baik. Itu semua terbangun harus diikuti dengan interaksi, kolaborasi dengan orang lain, seksi supporting maupun seksi teknis. Kolaborasi artinya menghormati kelebihan orang lain dan mengakui kelemahan atau kekurangan diri pribadi. Sepanjang acara berlangsung, pengarahan dan pembinaan berjalan dengan hangat dan lancar. Tidak lupa juga arahan Kepala Kanwil untuk terus memberikan pelayanan dengan senyum, ramah, dan meminta para pegawai untuk selalu menjaga kesehatan serta menjaga stamina dalam memberikan pelayanan yang prima.

Teks/foto: HI/umum




Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknlbekasi@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini