Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
KPKNL Bekasi Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi
Yuliati
Rabu, 29 November 2023   |   55 kali

Bekasi (29/11) - KPKNL Bekasi hari ini, Rabu 29 November 2023 turut melakukan simulasi evakuasi bencana gempa bumi dan manajemen keberlangsungan bisnis yang dilakukan secara serentak di Kementerian Keuangan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Subbagian Umum KPKNL Bekasi, Yuni Narasih Aji. Dalam pembukaan disampaikan bahwa dalam rangka menjalankan ketentuan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 520/KMK.01/2021 tentang Pedoman Manajemen Keberlangsungan Bisnis Kementerian Keuangan, dilaksanakan kegiatan simulasi evakuasi bencana gempa bumi yang diikuti oleh seluruh unit eselon I termasuk kantor vertikal yang dilakukan secara serentak pada tanggal 29 November 2023.

Kegiatan selanjutnya yaitu sekilas materi mengenai gempa bumi dan simulasi evakuasi bencana gempa bumi yang  disampaikan oleh Rahmat dari Dinas Pemadam Kebakaran Bekasi dan diikuti  oleh seluruh pegawai KPKNL Bekasi. Disampaikan oleh Rahmat bahwa Indonesia adalah negara yang rawan  gempa bumi karena terletak di 3 (tiga) pertemuan lempeng tektonik besar, oleh karena itu sebaiknya kita tingkatkan persiapan baik sebelum gempa bumi, saat gempa bumi, dan setelah gempa bumi agar dapat meminimalisir dampak dari gempa tersebut.

Pertama kita kenali situasi lingkungan kantor kita. Periksa juga stabilitas peralatan gantung. Jika kita berada di dalam bangunan/gedung, kenali tempat yang aman jika terjadi gempa bumi (kolong meja, furniture yang kuat/pilar, kolom bangunan). Perhatikan juga rambu-rambu keselamatan gedung seperti jalur evakuasi, titik kumpul, letak tangga darurat) saat memasuki gedung. Pastikan juga jalur evakuasi keluar dalam keadaan kosong tidak ada hambatan, selain itu pastikan tempat evakuasi berada di tempat terbuka.

Jika terjadi gempa, berusaha untuk tidak panik dan segera lindungi kepala dengan benda yang ada atau dengan kedua tangan, berlindung dengan merunduk, lindungi kepala dan memegang kaki meja, jauhi ruangan yang berkaca atau benda-benda dari kaca, matikan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk menghindari adanya kebakaran.

Apabila gempa bumi telah reda, usahakan tetap tenang namun selalu waspada dan tetap lindungi kepala, lakukan bantuan pertolongan pertama jika ada yang terluka ringan. Segera telepon yang berwenang apabila ada yang luka parah. Pastikan semua anggota tim didata dan lengkap keberadaannya.

Kegiatan simulasi berlangsung lancar dan tertib. Walaupun kita berharap tidak akan terjadi gempa bumi, namun dengan kegiatan simulasi ini membawa manfaat bagi insan KPKNL Bekasi untuk tanggap bencana dan mampu bergerak dengan cepat saat bencana terjadi.

Teks/Foto: HI

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknlbekasi@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini