Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Apresiasi dan Pengenalan Pengurusan Piutang Negara/Daerah pada Satuan Kerja BLUD-RSUD se-Bandung Raya
Pramutyarini Rahma Rusilowati
Rabu, 15 Maret 2023   |   177 kali

Bandung – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung menyelenggarakan Kegiatan Apresiasi dan Pengenalan Pengurusan Piutang Negara/Daerah pada Satuan Kerja Badan Layanan Umum Daerah-Rumah Sakit Umum Daerah (BLUD-RSUD) se-Bandung Raya, Senin (13/03).

Acara dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang Lantai 1 Gedung Keuangan Negara (GKN) Jawa Barat. Kegiatan dihadiri oleh beberapa Direktur, Kepala Bagian Keuangan, dan Kepala Bagian Umum RSUD dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Garut, serta Perwakilan dari Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) Jawa Barat, Biro Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Investasi Adbang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Pemprov Jawa Barat.

Acara dimulai dengan laporan kegiatan oleh Kepala Seksi Piutang Negara, Elsa Marta Oktavia. Kemudian, dibuka secara resmi oleh Guntur Sumitro selaku Kepala KPKNL Bandung yang dalam kesempatannya mengajak para Pimpinan BLUD untuk lebih memperhatikan performa Laporan Keuangan Satuan Kerja masing-masing dengan mengelola Piutang Daerah secara cermat dan akuntabel. Tak lupa Guntur menyampaikan pesan utama untuk selalu menegakkan Integritas dan Profesionalisme dalam melaksanakan pekerjaan bersama-sama dengan KPKNL Bandung.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai pengurusan piutang negara/daerah yang dilakukan oleh PUPN serta penyelesaian dan penghapusan piutang negara/daerah yang tidak dapat diserahkan pengurusannya kepada PUPN oleh Kepala Seksi Piutang Negara, Elsa Marta Oktavia dan staf Seksi Piutang Negara, Muhammad Alfin Nawawi Aziz. Pemaparan tersebut diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang hangat dari para peserta. Selain itu, Juru Sita KPKNL Bandung, Raden Ahmad Iman Abdurahman juga mengisi acara dengan kuis mini yang dikemas secara menarik guna melihat pemahaman para peserta mengenai materi sosialisasi.

 

KPKNL Bandung dalam acara tersebut turut memberikan apreasiasi kepada RSUD Sumedang dan RSUD Majalaya, sebagai RSUD yang telah aktif dan responsif dalam menyelesaikan piutang daerahnya. Setelah menerima apresiasi, pejabat dan pegawai pada kedua RSUD tersebut memberikan testimoni bahwa pegawai KPKNL Bandung, khususnya pada seksi Piutang Negara, selama melakukan kerjasama dan bersinergi guna menyelesaikan Piutang Daerah, telah menerapkan motto KPKNL Bandung yakni Sigap, Ikhlas, dan Profesional (KPKNL Bandung makinSIP!) dalam menjalankan tugasnya.


Diakhir acara, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat, Tavianto Noegroho, memberikan closing statement dengan mengajak para peserta kegiatan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan KPKNL Bandung. Selain itu, Tavianto mengingatkan bahwa pelayanan DJKN tidak hanya terkait penyelesaian piutang negara/daerah, tetapi juga terkait dengan bidang layanan lain seperti pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, penilaian, serta pelaksanaan Lelang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini