Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Penyampaian Rencana Kerja Seksi PN serta Pembahasan Rencana Anggaran Biaya Satgas BLBI
Wahyu Kristianto
Rabu, 08 Februari 2023   |   90 kali

Bandung – KPKNL Bandung mengadakan Rapat Rencana Kerja Seksi PN serta Pembahasan Rencana Anggaran Biaya Satgas BLBI. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala KPKNL Bandung, Kepala Seksi Piutang Negara beserta staf, Kepala Sub Bagian Umum beserta staf, Kepala Seksi Hukum dan Informasi beserta staf, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal beserta staf.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Seksi Piutang Negara, Elsa Marta Oktavia memaparkan Profil Pegawai pada Seksi Piutang Negara, serta Outstanding BKPN per 25 Januari 2023, dimana saat ini berjumlah 2.825 BKPN dengan Nilai lebih dari Rp210 Milyar yang berasal dari 33 Penyerah Piutang.

Target Piutang Negara pada tahun 2023 adalah menyelesaikan outstanding BKPN yang sudah berusia lebih dari 10 Tahun, mengingat dengan semakin lamanya pengurusan atas piutang negara, maka kemungkinan untuk terselesaikannya akan semakin kecil. Rencana kerja lainnya antara lain berupa kegiatan akurasi basis data BKPN yakni melakukan penatausahaan BKPN baik fisik BKPN dan melakukan upload dokumen ke Aplikasi FocusPN. Selanjutnya disampaikan pula bahwa, penyelesaian BKPN akan dilakukan dengan opsi penyelesaian berupa: pengurusan secara normal, pengurusan 2 melalui Crash Program, dan penyelesaian melalui pengurusan sederhana. Dimana kegiatan tersebut sudah dimulai sejak bulan Januari 2023 dan telah tercermin pada prognosa rencana kerja PN Tahun 2023

Kepala Seksi Piutang Negara juga menyampaikan rencana TOR penyelesaian aset kredit eks BLBI yang rencananya pendanaannya akan dilakukan top down dari Satgas BLBI. Secara ringkas disampaikan bahwa kegiatan Aset Kredit eks BLBI bertujuan untuk peningkatan tingkat pengurusan dan optimalisasi PNBP melalui pengurusan sederhana, crash program, penyampaian surat paksa dan penelitian lapangan, pemasangan plang atau tanda sita, rapat koordinasi dengan Kantor Pertanahan, Kanwil DJP di wilayah Jawa Barat, penelitian barang jaminan, serta pelaksanaan lelang barang jaminan.

Terakhir, Kepala KPKNL Bandung, Guntur Sumitro menyampaikan arahan agar Rencana Kerja oleh masing-masing Kepala Seksi/Subbagian Umum disampaikan kepada Kepala Kantor dan Rencana Kegiatan Kantor untuk kegiatan kantor pada tahun 2023 akan dikoordinir oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini