Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Persiapan Menuju Era Digital Pengelolaan BMN
N/a
Selasa, 30 Juni 2015   |   907 kali

Balikpapan - Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi rekonsiliasi BMN semester I Tahun Anggaran 2015, KPKNL Balikpapan mengadakan Bimbingan Teknis Aplikasi SIMAN dan Sosialisasi Rekonsiliasi BMN. Acara yang bertempat di aula Gedung Keuangan Negara Balikpapan ini diselenggarakan selama empat hari berturut-turut pada 23-26 Juni 2015, dengan diikuti oleh 140 satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Balikpapan. “Acara ini diadakan untuk kepentingan kita bersama, agar rekonsiliasi nantinya dapat berjalan lancar dan sukses,” tegas Kepala KPKNL Balikpapan, Bambang Sugianto dalam sambutannya. Oleh karena itu, dia juga mengharapkan agar seluruh satuan kerja dapat mengikuti acara ini.

Sesuai dengan instruksi dari Kantor Pusat DJKN, mulai semester ini Rekonsiliasi BMN akan dilaksanakan menggunakan aplikasi SIMAN (Sistem Aplikasi Manajemen Aset Negara). Aplikasi SIMAN merupakan aplikasi berbasis web yang meliputi seluruh kegiatan dalam pengelolaan BMN dimulai dari perencanaan kebutuhan hingga penghapusan BMN.
Bimbingan teknis diawali dengan pemaparan singkat mengengai aplikasi SIMAN oleh staf Pelayanan Kekayaan Negara, Sulistyo Adi. “Aplikasi SIMAK hanya untuk penatausahaan. Sedangkan SIMAN mencakup seluruh proses pengelolaan BMN. Jadi sebenarnya, SIMAK termasuk ke dalam SIMAN, tapi fitur dalam SIMAN tidak terdapat dalam SIMAK,” demikian penjelasan singkat pegawai yang akrab dipanggil Sulis.

Usai pemaparan, satker dibimbing untuk melakukan instalasi dan registrasi user, pengisian Master Aset, kemudian pada sesi terakhir dilakukan simulasi rekonsiliasi BMN dengan aplikasi SIMAN. Terdapat hal yang berbeda pada rekonsiliasi menggunakan aplikasi ini, dimana satker melakukan rekonsiliasi mandiri di kantor masing-masing. Satker hanya datang ke KPKNL untuk menyerahkan Berita Acara Rekonsiliasi yang telah diverifikasi dan disahkan oleh KPKNL untuk ditandatangani oleh Kepala KPKNL. Di akhir bimbingan teknis, Sulis menghimbau agar satker mulai melengkapi data-data pada Master Aset SIMAN, seperti mengupload foto dan bukti kepemilikan.

Acara ditutup oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Sujono Suharman, yang menghimbau agar satker melaksanakan rekonsiliasi sesuai jadwal yang telah ditentukan, 1-7 Juli mendatang. Dalam kesempatan yang sama, Sujono juga mengingatkan satker yang memiliki target sertifikasi tanah agar segera memenuhi target tersebut. (Penulis/foto: Gaspar/Sinta, Seksi HI KPKNL Balikpapan)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini