Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Berbagi Pengalaman Raih Predikat ZI WBK, KPKNL Balikpapan Sambut Hangat Kunjungan Kerja Kantah Paser
Wahyuni Eka Wulandari
Selasa, 14 Desember 2021   |   174 kali

Balikpapan – KPKNL Balikpapan menyambut kunjungan kerja jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Paser dengan agenda studi tiru pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada hari Senin (13/12).


Bertempat di ruang rapat KPKNL Balikpapan, Yoshua Wisnungkara, Kepala KPKNL Balikpapan beserta jajaran menyapa rekan-rekan Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Paser dalam kunjungan kerjanya. Atas predikat ZI WBK yang telah diraih KPKNL Balikpapan pada tahun 2020 silam, hal inilah yang menginisiasi Kantah Paser untuk melakukan kegiatan studi tiru pembangunan ZI WBK pada KPKNL Balikpapan.


Dalam melihat penerapan WBK pada area kantor, Yoshua mengajak rekan-rekan Kantah Paser untuk mengikuti office tour ke ruang APT (Area Pelayanan Terpadu), ruang kerja hingga ruang pendukung lainnya yang berada di area kerja KPKNL Balikpapan.


Sembari berkeliling, Yoshua dan jajaran pejabat pengawas memberikan penjelasan atas inovasi yang terdapat di area kerja KPKNL Balikpapan. Mulai dari sarana dan prasarana dalam pemberian pelayanan, tata ruang kerja yang memudahkan pegawai untuk saling berinteraksi dan meningkatkan fleksibilitas kerja hingga inovasi-inovasi yang memudahkan pegawai dalam menjalankan dan memahami tanggung jawab kerjanya.


Selepas office tour, Yan Isnur Aji, Pelaksana Seksi Kepatuhan Internal menjelaskan secara terperinci paparan terkait konsep dasar pembangunan ZI WBK hingga upaya implementasi yang telah dilakukan KPKNL Balikpapan dalam meraih predikat WBK tersebut. Aji menjelaskan secara garis besar perencanaan, pelaksanaan program kerja hingga pelaporan dan dokumentasi setiap komponen pembangunan menuju ZI WBK yang diterapkan KPKNL Balikpapan.


Pertanyaan-pertanyaan seputar ZI WBK diajukan oleh rekan-rekan Kantah Paser saat jalannya pemaparan, mulai dari hal-hal terkait pelaporan dan pemenuhan dokumentasi terkait ZI WBK, sistem benturan kepentingan dan pemberian reward and punishment, hingga bagaimana inisiasi atas inovasi dan pelaksanaannya.


       Dalam proses meraih predikat ZI WBK di tahun 2022, Zubaidi, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Paser melakukan benchmarking atas implementasi pembangunan predikat dimaksud pada KPKNL Balikpapan. Zubaidi mengungkapkan, melalui kegiatan studi tiru yang dilaksanakannya, banyak sekali inovasi dan sistem kerja KPKNL Balikpapan yang menginspirasinya untuk meningkatkan kualitas kerja dan mutu pelayanan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Paser.


         Yoshua menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Kantor Pertanahan Kabupaten Paser. Hal ini menjadi suatu hal yang positif karena KPKNL Balikpapan dapat mengajak instansi lain untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan ZI WBK. Yoshua juga menyampaikan bahwa KPKNL Balikpapan sangat terbuka jika rekan-rekan Kantah Paser ingin berkomunikasi lebih lanjut seputar pembangunan ZI WBK.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini