Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Artikel
Kunjungan Kerja Presiden ke Kalimantan Timur
Sulastri
Selasa, 28 Februari 2023   |   386 kali

Kunjungan Kerja Presiden ke Kalimantan Timur

 

          Dalam rangka kedatangan Bapak Presiden RI kita, Bapak Joko Widodo beliau hadir dalam Kunjungan Kerja ke Provinsi Kaltim merupakan perdana di tahun 2023 yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 22 - 23 Februari 2023, disambut langsung Gubernur Kaltim Isran Noor yang juga ketua umum APPSI.  Setelah melewati kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19, maka PPKM telah dicabut di akhir 2022 yang lalu, walaupun PPKM telah dijabut kita masih bisa menggunakan masker.

Kegiatan rangka kunjungan yang dilakukan bapak Joko Widodo yaitu pembukaan Muhammadiyah ke XVIII di Balikpapan Sport and Convention Center Dome Balikpapan, setelah itu, melakukan peninjauan proyek Tol IKN Segmen 3 B Karang Joang - KKT Kariangau, serta penyerahan SK Perhutanan Sosial di Wisata Hutan Bambu Balikpapan. Presiden juga kembali melakukan peninjauan proyek dikawasan IKN seperti peninjauan ke hunian pekerja konstruksi, menara pandang zona zantor presiden serta peninjauan penyelesaian proyek Bendungan Mentawir.

Pada tanggal 23 Februari 2023 Presiden Bapak Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi seluruh Indonesia  (Rakernas APPSI) yang dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan.

Isi sambutan Pak Joko Widodo dalam Pembukaan Rakernas APPSI tahun 2023 yaitu

1.        Berkaitan dengan spending.

 Presiden meminta para gubernur untuk mendorong belanja masyarakat agar tidak ada lagi dana yang disimpan agar bisa mempercepat proses pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik agar tetap terjaga dan kalau bisa justru naik diharapkan di tahun 2024 bisa mencapai di angka 5,4 persen. Salah satu caranya dengan melakukan event ini merupakan hal kecil tetapi akan berdampak besar, pada tahun 2023 akan terdapat lebih dari 3000 pagelaran seni budaya dan olahraga di indonesia yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu Presiden meminta jajarannya untuk mempermudah dan mempercepat pemberian izin penyelenggaraan. Presiden Jokowi meminta agar kawasan wisata di daerah untuk dapat dikembangkan dan dipromosikan dengan baik. Hal tersebut penting untuk menarik minat masyarakat untuk berwisata.

2.        Berkaitan dengan hilirisasi.

Hilirisasi di daerah bukan hanya hilirisasi di tambang tetapi juga bisa hilirisasi perikanan, pertanian, perkebunan yang memiliki potensi yang besar. Dimulai dari hal yang kecil dan sederhana bisa berdampak sangat besar misalnya dengan mempercantik kemasan bisa menambah nilai jual dari suatu produk, mengelola ikan yang biasa hanya jadi ikan asin bisa dikreasikan menjadi tepung ikan nilai tambahnya bisa menjadi dua atau tiga kali lipat sehingga UMKM, Koperasi dan industri kecil didorong untuk melakukan dalam produk – produk lainnya yang bisa beragam di masing-masing daerah.

3.        Berkaitan dengan pangan

Kekurangan pangan sudah banyak terjadi di Negara Afrika. Produksi beras dipantau dan dijaga untuk memastikan barangnya ada agar negara kita tidak kekurangan pangan karena menyangkut inflasi dibulan lalu hampir 50 persen dipengaruhi oleh kenaikan beras. Negara lain juga berjaga - jaga karena tahun ini akan ada elnino sehingga tidak bisa impor.

4.        Berkaitan dengan produk dalam negeri

Membantu UMKM dengan cara meningkatkan belanja produk dalam negeri sebagai bentuk cinta terhadap tanah air. Daerah kabupaten/kota mau membelanjakan APBD-nya untuk membeli produk dalam negeri

5.        Iklim Investasi

Kunci pertumbuhan ekonomi semua negara yang paling penting bagaimana investasi masuk dan semua negara memperebutkan. Oleh sebab itu dicek kembali perizinannya dimudahkan dalam perizinan apalagi di zaman digital harusnya paling lambat hitungan hari bukan bulan lagi agar menggairahkan iklim investasi mendorong proses digitalisasi perizinan dilakukan dengan baik.

6.        Stunting

Diharapkan tiap tahunnya ada penurunan stunting di berbagai daerah, sehingga perlu dipantau dan dimonitor bagi bupati serta walikota.

7.        Tenaga Honorer

Permasalahan tenaga honorer yang jumlahnya masih cukup tinggi menjadi poin penting yang di tekankan Presiden. Saat ini belum ada solusi dari Menpan-RB dan jika nanti sudah diputuskan tolong agar bisa dilaksanakan secara bersama-sama.

 Beberapa menteri yang turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Promonon Anung, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR /Kepala BPPN Hadi Tjahjanto dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

 Mendagri menyampaikan arahan dalam rakernas terkait peran gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah yang perlu dimaksimalkan, masa transisi pasca pandemi bisa menjadi momentum menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional, pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan, situasi kondusif jelang Pilkada, penurunan Stunting, perbaikan pelayanan publik, Indeks Persepsi Korupsi (IPK), kemudahan perizinan kegiatan olahraga dan seni serta kemudahan dalam berinvestasi. (Sltr)

 (Dicarikan dari berbagai sumber di media sosial)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini