Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Artikel
Fakta dan Manfaat menjadi “Morning Person”
Kevin Dzikri Faisal
Jum'at, 11 Agustus 2023   |   3958 kali

Dalam kehidupan sosial terutama pada lingkungan anak-anak muda, istilah morning person seringkali disebutkan oleh kawula muda-mudi saat ini, tapi sebenernya kalian tau ga sih apa artinya morning person itu ? Morning person sendiri berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai orang-orang yang terbiasa bangun pagi dan menjalani aktifitas dengan semangat di pagi hari. Orang-orang yang mengaku dirinya sebagi morning person biasanya kerap membagikan konten aktifitas mereka di pagi hari.

 

Kalian sendiri pada pukul berapa mulai bangun dan beraktifitas ? Sudahkah kalian termasuk golongan morning person atau justru sebaliknya, night person ? Sebenarnya tidak ada masalah kalian termasuk golongan morning person maupun night person, karena memang setiap individu berbeda-beda dan memang ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat seseorang tidak dapat tidur teratur di jam-jam normal, seperti para pegawai maupun pekerja yang kerjanya menggunakan jadwal shift.

 

Namun sesuai judul artikel diatas, disini penulis ingin sedikit membeberkan fakta manfaat menghirup udara pagi hari yang mana tentunya hanya bisa dirasakan oleh orang-orang golongan morning person.

 

Faktanya, udara pagi hari memang bagus untuk kesehatan! Bangun pagi mungkin rasanya memang sulit, apalagi jika kalian tidak terbiasa dengan hal itu. Tetapi, jika kalian sudah terbiasa, kalian bisa merasakan begitu banyak aspek-aspek dalam kehidupan yang terasa lebih baik, terutama dalam segi kesehatan.

 

Setiap sel dalam tubuh kita bekerja dengan mengandalkan oksigen. Aliran oksigen yang segar dan konstan bisa didapatkan secara alami dari udara pagi. Untuk itu, kita memang butuh udara segar pagi hari agar lebih sehat dan bermanfaat. Lalu, apa saja sih manfaat udara pagi? Dan udara pagi yang menyehatkan jam berapa ya?

 

Kualitas oksigen di pagi hari tentunya memang lebih baik dibanding pada waktu yang lain, hal ini disebabkan oleh masih minimnya aktifitas masyarakat dalam pagi hari. Tentunya hal ini sangat berdampak baik dari kualitas oksigen yang kita hirup. Nantinya, oksigen yang kita hirup digunakan oleh otak untuk menjalankan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.  Meningkatkan menghirup udara segar di pagi hari dapat bermanfaat untuk meningkatkan kejernihan otak yang lebih baik, meningkatkan fungsi optimal otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

 

Tak hanya itu, pelepasan serotonin tubuh dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas oksigen dalam darah. Serotonin meningkatkan rasa bahagia dalam diri yang mempengaruhi mood sehingga semakin banyak udara segar pagi hari yang kalian hirup, maka suasana hatimu akan lebih baik secara signifikan. Inilah mengapa kalian mungkin merasa lebih baik, lebih segar, lebih santai dan lebih bahagia saat beraktifitas setelah bangun pagi dan menghirup udara pagi.

 

Udara pagi yang segar juga dapat membantu mengurangi risiko terjangkitnya penyakit dan infeksi yang ditularkan melalui udara. Hal ini disebabkan karena bakteri dan virus memiliki peluang bertahan hidup yang lebih rendah di udara segar ketimbang di lingkungan dalam ruangan yang hangat dan lembap yang disukai mereka sebagai tempat berkembang biak.

 

Lalu berikutnya, mungkin para pembaca masih bertanya “udara pagi yang bagus jam berapa ya ?”. “Saya bangun jam 07.00 pagi apakah sudah termasuk morning person ya ?” Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan udara pagi yang bagus jam berapa ini tergantung dimana tempat kalian tinggal dan bagaimana kehidupan masyarakat disekitarnya. Namun biasanya, semakin jauh dari perkotaan, biasanya udara paginya semakin menyehatkan jam berapapun kamu menghirupnya karena relatif masih minim aktifitas masyarakat baik berupa polusi kendaraan bermotor maupun aktifitas industrinya. Namun secara umum, udara pagi yang bagus ada diantara pukul 04.00 hingga 06.00, dimana pada jam-jam itu belum banyak masyarakat yang mulai berkegiatan dan beraktifitas.

 

Nah, sekarang para pembaca sudah tahu kan apa saja fakta manfaat menjadi golongan morning person yang banyak menghirup udara pagi. Semoga kalian bisa menerapkan kebiasaan baik ini secara rutin setiap hari ya!

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini