Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung > Berita
Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Sertipikasi Tahun 2019 dan Koordinasi Program Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2020
Neira Nafiati
Rabu, 27 November 2019   |   132 kali

Palembang – Kepala Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung , Selasa tanggal 26 Nopember 2019 membuka rapat evaluasi pelaksanaan program sertipikasi Tahun 2019 dan koordinasi program percepatan sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2020 bertempat di ruang Rapat Lantai III Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung. Acara ini dihadiri oleh peserta dari   perwakilan seluruh Kantor Pertanahan dan para Kepala KPKNL  yang berada di wilayah Propinsi Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Thaufik mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh Kantor Wilayah BPN dan Kantor Pertanahan di lingkungan Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung yang telah bekerjasama dan bersinergi dengan seluruh KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung, sehingga pada tahun 2019 pencapaian sertifikasi dapat melampaui target yang ditetapkan yaitu dari target sebanyak 502 bidang tanah terealisasi sebanyak 523 bidang tanah atau sebesar 104%. Keberhasilan tersebut juga tidak terpisahkan dari peran aktif dan dukungan yang diberikan oleh Satker sebagai Pengguna Barang, Thaufik berharap kerjasama dan sinergi yang baik ini dapat terus terjaga kedepannya dalam rangka memenuhi target sertifikasi tahun 2020. Pada akhir sambutannya Thaufik berharap dengan keberhasilan tersebut semoga menjadi pendorong tertib administrasi BMN ke depannya serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam meningkatkan pengabdian bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Acara berikutnya yaitu paparan terkait kendala yang dihadapi dan pencapaian pensertipikatan BMN berupa tanah dari Kepala Kanwil BPN Kepulauan Riau, Kepala Kanwil BPN Sumatera Selatan dan terakhir paparan dari Kepala Kanwil BPN Jambi, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan  oleh Kepala Kanwil kepada perwakilan seluruh Kantor Pertanahan dan penyerahan sertipikat secara simbolis oleh Kepala Kantah kepada Para Kepala KPKNL.

Sebagai penutup yaitu evaluasi hambatan dan kendala sertipikasi Tahun 2019 dan strategi percepatan program sertipikasi Tahun 2020. Membahas mengenai evaluasi kendala yang dihadapi dalam sertipikasi Tahun 2019 dan sekaligus koordinasi menyusun strategi sertipikasi  Tahun 2020. Dapat disampaikan bahwa pada rapat sertipikasi terdahulu telah di disusun dan diusulkan daftar nominatif pensertipikatan BMN berupa  Tanah terhadap bidang-bidang tanah yang belum bersertipikat sesuai usulan dari  satker dan KPKNL sebanyak 371 bidang tanah untuk Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung Tahun 2020.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Program Sertipikasi BMN Berupa Tanah telah dimulai sejak Tahun 2013, sejalan dengan terbitnya Peraturan Bersama Menteri Keuangan Nomor 186/PMK.06/2009 dan Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Pensertipikatan BMN berupa tanah dan PP Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan BMN/D yang menyebutkan  bahwa seluruh BMN Berupa Tanah harus disertipikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia c.q. Kementerian Lembaga yang menguasainya.

Tim Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Kapten A. Rivai No. 4 Gedung Keuangan Negara Lt. 3 Palembang - 30129
(0711) 362132
(0711) 310469
kanwildjkn4@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini