Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara > Berita
Direktorat Hukum & Humas Bagikan Do’s dan Don’ts dalam Asistensi Pembangunan ZI-WBK
Ayutia Nurita Sari
Rabu, 09 Juni 2021   |   141 kali

Manado – Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor KEP-139/KN2021 tentang Pendampingan dan Asistensi Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Tahun 2021,Direktorat Hukum danHumas ditunjuk sebagai unit yang memberikan asistensi serta pendampingan kepada Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) dalam mengikuti pembangunan ZI-WBK tahun 2021.

kegiatan asitensi dilaksanakan pada Rabu (9/6) secara daring dan dihadiri oleh seluruh anggota tim Pembangunan ZI-WBK Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan perwakilan Direktorat Hukum dan Humas dengan tujuan mempersiapkan penilaian oleh Tim Penilai Nasional serta monitoring dan evaluasi atas proses Pembangunan ZI-WBK sepanjang tahun 2021.

dalam sambutannya,ketua tim Pembangunan ZI-WBK Kanwil DJKN Suluttenggomalut Anggun Prihatmono menyampaikan bahwa Kanwil DJKN Suluttenggomalut telah menerapkan tertib administrasi dalam memenuhidokumenyangmendukung Pembangunan ZI-WBK sejak tahun 2020.

di tahun 2021 ini saat kita maju untuk menjadi unit dengan predikat ZI-WBK, pelaksanaan pemenuhan dokumen pada aplikasi Digital Integrity Assessment (DIA) dapat berjalan secara cepat dan lancar. Harapankami dengan dilakukan asistensi,kamidapat belajar banyak dari pengalaman Direktorat Hukum dan Humas dalam meraih predikat ZI-WBK”

dalamkesempatantersebut,Anggun menimulasikan paparan yang akan dilakukan saat penilaian,meliputi penayangan video profil kantor, penampilan yel-yel, serta pemaparan rekap kegiatan pembangunan ZI-WBK, dokumentasi peningkatan pelayanan serta inovasi yang dilakukan oleh Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

kanwil DJKN Suluttengomalut telah melakukan berbagai perbaikan baik dari sisi sarana dan prasarana maupun layanan yang diberikan, seperti melakukan pemangkasan waktu pada layanan penilaian BMN, reviu laporan evaluasi kinerja BMN, serta pertimbangan penghapusan secara bersyarat/mutlak atas piutang daerah”

kamijugatelah melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung proses pembangunan ZI-WBK, seperti pelatihan pelayanan prima, seminar Excellent Service, Galang Semangat Pagi, Jumat Belajar, serta berbagai sosialisasi dan internalisasi penguatan pengawasan dan kode etik pegawai”, sambang Anggun.

pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Subdirektorat Humas Eny Susanti memberikan masukan atas paparan yang disampaikan oleh Kanwil DJKN Suluttenggomalut serta membagikan pengalaman Direktorat Hukum dan Humas saat meraih predikat ZI-WBK Tahun 2020.

pada proses penilaian melalui survei kepada stakeholders, Kanwil DJKN Suluttenggomalut perlu memilih responden tepat, meningkatkan intimac dengan seluruh stakeholder, konsisten dalam mendokumentasikan kegiatan pembangunan ZI-WBK serta konsisten dalam menerapkan 6 area perubahan dan standar pelayanan”, terang Eny.

reviu dan survey secara lebih spesifik terhadap layanan yang diberikan kepada stakeholder juga perlu dilakukan untuk mengetahui dampak terhadap layanan serta inovasi layanan yang Kanwil DJKN Suluttenggomalut berikan”, tambah Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Hukum dan Humas Sastra Wijaya.

enyjuga mengungkapkan bahwa melakukan benchmarking dengan unit kerja lain serta menjaga kekompakan dan semangat seluruh pegawai merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan.  

selain berdiskusi dengan para pegawai Kanwil DJKN Suluttengomalut, perwakilan dari Direktorat Hukum dan Humas juga turut memberikan masukan terhadap cara penyusunan bahan paparan yang tepat dan efektif serta proses penilaian oleh Tim Penilai Nasional.

melalui kegiatan asistensi pembangunan ZI-WBK, Kanwil DJKN Suluttegomalut dapat memperkuat komitmen dan usaha dalam membangun ZI-WBK dan meningkatkan pelayanan kepada para pengguna layanan.(ayu/wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini