Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara > Berita
KPKNL Ternate Luncurkan Berbagai Inovasi Layanan: Bentuk Komitmen Terhadap Pelayanan Prima
Ayutia Nurita Sari
Senin, 08 Februari 2021   |   245 kali

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) Aloysius Yanis Dhaniarto melakukan kunjungan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate pada 8 – 10 Februari 2021. Pada kunjungan tersebut Yanis turut serta dalam berbagai peresmian layanan yang ditujukan guna meningkatkan pelayanan serta memberikan kenyamanan bagi para pengguna layanan KPKNL Ternate.  

Layanan baru yang diluncurkan oleh KPKNL Ternate antara lain sistem pembayaran terintegrasi atas Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) bernama “TEPAT”, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai media transaksi pembayaran layanan KPKNL Ternate, Mini Lab Zona Integritas, serta KPKNL Ternate Virtual.

Kegiatan peresmian ini juga dihadiri oleh Sekretaris Kota Ternate Jusuf Sunya, Kepala Kanwil Badan Pertanhan Nasional (BPN) Maluku Utara Muslim Faizi, Pimpinan Cabang PT BRI (Persero) Tbk Ternate Indra Bayu Wira Permana, dan Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Utara Sofyan Ali.

TEPAT merupakan singkatan dari Teknis Pembayaran Terintegrasi yang merupakan bentuk kerja sama antara KPKNL Ternate dengan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Ternate dan Kanwil BPN Maluku Utara. Dengan adanya sistem TEPAT, pemenang lelang akan dibantu oleh KPKNL Ternate dalam menyelesaikan seluruh prosedur dan admininstrasi pembayaran sehingga pemenang hanya perlu melakukan pembayaran BPHTB melalui bank sesuai dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) yang telah diterima.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peluncuran inovasi TEPAT kareana akan memberikan kemudahan kepada wajib pajak daerah dalam menyelesaikan kewajiban pembayaran BPHTB. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat pelayanan bagi masyarakat yang ada di Kota Ternate dan Provinsi Maluku Utara”, Ujar Sekretaris Kota Ternate Jusuf Sunya dalam peresmian.

Pada kesempatan yang sama, Yanis juga turut hadir dalam peresmian QRIS. Inovasi ini merupakan bentuk kerja sama antara KPKNL Ternate dengan PT BRI Cabang Ternate. Penerapan pembayaran melalui QRIS memberikan alternatif jenis pembayaran bagi pengguna layanan dalam menyelesaikan transaksi di KPKNL Ternate.

“Kami memberikan apresiasi dan merasa sangat bangga dengan KPKNL Ternate yang sudah selangkah lebih baju dengan QRIS. Terima kasih juga kepada BRI yang sudah mendukung pelaksanaan program ini”, tutur Yanis.

“Semoga KPKNL Ternate dapat lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada publik dan inovasi-inovasi yang dilakukan dapat menjadi inspirasi bagi instansi lain”, tambahnya.

Inovasi lain yang dilakukan oleh KPKNL Ternate adalah menghadirkan Mini Lab Zona Integritas (ZI) dan KPKNL Ternate Virtual. Mini Lab ZI merupakan sarana yang disiapkan KPKNL Ternate dalam membantu memberikan asistensi kepada instansi pemerintah dalam pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sementara KPKNL Ternate Virtual dihadirkan guna memberikan kemudahan bagi pengguna layanan ditengah pandemi Covid-19 agar menghindari kontak fisik dan mengurangi risiko penularan virus saat berkonsultasi.

Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Utara Sofyan Ali menyampaikan bahwa diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi tersebut dapat memotivasi dan mendorong seluruh pegawai di KPKNL Ternate untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dengan agenda kunjungan untuk menghadiri berbagai peresmian inovasi yang dilakukan oleh KPKNL Ternate, Yanis memberikan apresiasi penuh dan sangat mendukung penerapan inovasi-inovasi bagi pelayanan publik. “Semoga dengan adanya inovasi-inovasi baru ini, KPKNL Ternate dapat memberikan pelayanan yang terbaik serta menjadi contoh bagi instansi lain dalam memberikan pelayanan kepada pada pengguna layanan”, tutupnya. (ayu/wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini