Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat > Berita
Semarak Acara 17-an di Gedung Keuangan Negara Makassar
Charles Jimmy
Rabu, 16 Agustus 2023   |   192 kali

Makassar – Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan 17-an pada Selasa (15/08) di halaman parkir Gedung Keuangan Negara Makassar. Seluruh pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan di wilayah Makassar turut memeriahkan acara tersebut, termasuk para punggawa Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat. Adapun tema perayaan kemerdekaan tahun ini adalah Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Sejak pagi, para peserta sudah berkumpul di lokasi untuk Akkarena yang artinya bermain-main. Permainan yang diperlombakan meliputi voli balon air, egrang batok, estafet sarung dan sumpit bola. Selain itu, ada juga permainan tangkap balon dan estafet tepung. Keseruan permainan lokal ini melampaui batasan usia dan jabatan. Pegawai junior maupun senior ambil bagian dalam perlombaan. Begitu pula dengan para pejabat. Tidak ketinggalan, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Arif Bintarto Yuwono juga berpartisipasi dalam lomba voli balon air.

Di siang hari, digelar Mempo-Mempo yang berarti pertunjukan. Pada acara ini, tiap unit kerja menampilkan pementasan dengan pakaian bertema nasional, kearifan lokal atau kemerdekaan. Kanwil DJKN Sulseltrabar juga tampil dalam acara tersebut dengan menyajikan pernikahan adat Bugis (salah satu suku di Sulawesi Selatan), lengkap dengan kostum baju adat untuk anggota keluarga mempelai. Kocaknya penampilan Kanwil DJKN Sulseltrabar tersebut mengundang tawa para penonton yang memenuhi lantai 1 Gedung Keuangan Negara II Makassar.

Dalam gelaran 17-an ini juga diadakan bazar UMKM binaan satuan kerja Kementerian Keuangan. Hal tersebut sebagai bagian dari upaya mendorong pengembangan UMKM untuk kemajuan bangsa. Lebih dari 30 stand UMKM hadir untuk mengenalkan dan memasarkan produknya. Mulai dari makanan ringan seperti keripik, brownies dan pempek sampai palubasa dan bakso disediakan oleh para pelaku UMKM. Tidak hanya makanan dan minuman, ada juga UMKM yang memasarkan produk sutera. Terlihat para pegawai antusias berkeliling stand UMKM, mencari jajanan favorit masing-masing.

Semakin memeriahkan acara, band Seksama tampil membawakan lagu-lagu bertema kemerdekaan. Band ini beranggotakan pegawai Kemenkeu Satu di wilayah Makassar.

Luar biasa perayaan kemerdekaan tahun ini. Mari bahu membahu membangun Indonesia Maju. Selamat hari kemerdekaan!

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini