Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat > Berita
Kanwil DJKN Sulseltrabar Tinjau Instalasi Tambak Takalar Untuk Pemanfaatan BMN
Charles Jimmy
Rabu, 02 Agustus 2023   |   44 kali

Makassar – DJKN terus berupaya mengoptimalisasikan Barang Milik Negara (BMN), terutama yang bersangkutan dengan usaha rakyat. Salah satunya adalah instalasi tambak Takalar pada Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BPRPBAP3) yang diusulkan untuk dimanfaatkan dengan skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP). Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar dan tim melakukan pembahasan rencana KSP aset dimaksud sekaligus peninjauan lokasi di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada Selasa (01/08).

Dalam acara tersebut, diadakan pembahasan usulan KSP, nilai manfaat ekonomi dan sosial, serta rencana tahap-tahap selanjutnya seperti penilaian aset dan mitra tender potensial. Kemudian, secara teknis dilakukan verifikasi kelengkapan dokumen permohonan pemanfaatan serta survei lokasi aset. Adapun objek BMN yang diusulkan KSP adalah aset bangunan kolam/bak ikan dan sebagian tanah.

Kepala BPRPBAP3, Indra Jaya Asaad menyampaikan bahwa instalasi tambak Takalar berpotensi underutilizied/idle akibat perubahan tugas dan fungsi sehingga pihaknya berupaya mengidentifikasi alternatif pendayagunaan aset yang memungkinkan. Untuk itu, diusulkan pemanfaatan BMN dengan skema KSP. “Apabila proyek ini berhasil, maka bisa menjadi pilot project untuk pengelolaan BMN pada satker lainnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ungkapnya.

“Kami menyambut baik dan mendukung sepenuhnya rencana KSP ini,” ujar Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Arif Bintarto Yuwono menanggapi usulan KSP. Lebih lanjut, diuraikan bahwa Kanwil DJKN Sulseltrabar telah membentuk tim khusus untuk mengawal proyek tersebut. “Tentunya, kita semua berharap proyek KSP ini berhasil, sehingga tidak hanya menghasilkan PNBP tetapi juga terdapat nilai tambah yang berdampak positif bagi perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat. BMN bisa termanfaatkan dan berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat sekitar,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan dimaksud yakni Kepala KPKNL Makassar, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara dan Tim Kompetisi Inovasi Manajer Aset di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini