Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara > Berita
KUALITAS PENILAI DI LINGKUNGAN KANWIL DJKN KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA DI UJI DENGAN VERIFIKASI DAN KOMPETENSI
Sudirman
Jum'at, 27 Juli 2018   |   250 kali

Samarinda, Ditengah-tengah kesibukan penyelesaian Revaluasi Barang Milik Negara, Penilai Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengikuti kegiatan Verifikasi Kompetensi Penilai yang diselenggarakan Kantor Pusat DJKN dari tanggal 25 sampai dengan 26 Juli 2017 di aula Kanwil. Kegiatan verkom ini diikuti oleh penilai-penilai diseluruh KPKNL dan Kanwil DJKN diwilayah Kaltimtara. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Penilaian Wahyu Purnomo, dalam sambutannya disampaikan bahwa dengan verkom ini agar para penilai bisa mengupdate ilmu, sebagai bekal melakukan tugas-tugas penilaian, dan berpesan supaya penilai mempersiapkan diri dan mengikuti setiap kegiatan verkom.

Beberapa hal yang melatarbelakangi dilakukan verifikasi kompetensi penilai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Pertama, semakin beragamnya dan kompleksnya tugas penilaian yang dihadapi penilai DJKN menuntut penilai harus mampu. Kedua perlunya Penilai DJKN meningkatkan kemampuan, wawasan dan pengetahuan secara terus-menerus untuk menghadapi penugasan penilaian. Ketiga, perlunya menambah keterjangkauan kegiatan pembinaan dan peningkatan kompetensi penilai.

Verifikasi Kompetensi dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Entry Briefing, Review Kaji Ulang, Pemaparan Kasus Penilaian, Sharing Knowledge dan Ujian Tertulis. Acara tersebut difasilifatori oleh Pegawai Direktorat Penilaian DJKN yaitu Nurjanto dan Rio Ardi Perdana.

Dalam pemaparan pada entry briefing Nurjanto memaparkan tentang Jabatan Fungsional Penilai. Jabatan fungsional Penilai Pemerintah memberikan wadah alternatif (selain jabatan struktural) untuk penjenjangan dan pengembangan karir bagi pegawai karena di dalamnya terdapat career path, remunerasi dan pengukuran kinerja yang terukur. Sehingga dalam pengembangan karier, seorang pegawai tidak hanya terfokus pada jabatan struktural yang formasinya sangat terbatas.

Dalam pelaksanaan Kaji Ulang yang dilakukan oleh Direktorat Penilaian terhadap laporan penilai yang dibuat oleh Tim Penilai di Lingkungan Kanwil DJKN Kaltimtara, terdapat beberapa catatan penting untuk perbaikan ke depan. Hasil kaji ulang tidak dapat digunakan sebagai dasar revisi laporan penilaian sehingga peer review laporan penilaian menjadi penting untuk terus dilaksanakan untuk meminimalisasi kesalahan sebelum laporan penilaian diserahkan ke pengguna jasa.

Pemaparan kasus Penilaian dibagi per unit kantor masing-masing antara lain meliputi Tim Penilai KPKNL Tarakan, Tim Penilai KPKNL Samarinda, dan Tim Penilai Kanwil, dalam pemaparannya Tim Penilai KPKNL Tarakan dengan semangat Unggul dan Terampilnya (ULTRA) mengangkat masalah penilaian kendaraan sitaan pajak, dalam pemaparan ini lebih banyak berkutat pada pemilihan data pembanding untuk mengurangi bias dan penyesuaian yang berpengaruh pada nilai objek.

Pada hari terakhir dilakukan ujian tertulis yang terdiri dari Konsep dasar penilaian, peraturan, teori praktek dan penyusunan laporan penilaian selama 120 menit, dan setelah selesai ujian,acara tersebut ditutup oleh Ary Mey Rambudi sebagai Kasi Penilaian I Kanwil DJKN Kaltimtara. (Bidang KIHI Kanwil DJKN Kaltimtara)




Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini