Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara > Berita
Peduli Anak Yatim Warnai Buka Bersama Kanwil DJKN Kaltimtara
Tonny Ardhianto
Rabu, 14 Juni 2017   |   200 kali

Samarinda – Selasa (13/06) Seiring dengan berkah di Bulan Ramadhan 1438 Hijriyah, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJKN Kaltimtara) mengadakan buka bersama yang dihadiri pegawai Kanwil DJKN Kaltimtara dan mengundang anak yatim dari Panti Asuhan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. Mengambil tempat di Aula Mess Kanwil DJKN Kaltimtara, acara yang dimulai pukul 17.00 WITA tersebut dibuka dengan lantunan suara merdu ayat suci Al Quran Surat Al Baqarah ayat 261 oleh Aan Zuhdi Abrori dengan saritilawah Wahyuni Eka Wulandari. Arti ayat surat tersebut adalah (Perumpamaan) atau sifat nafkah dari (orang-orang yang membelanjakan harta mereka di jalan Allah) artinya dalam menaati-Nya (adalah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh buah tangkai, pada masing-masing tangkai seratus biji) Demikianlah pula halnya nafkah yang mereka keluarkan itu menjadi 700 kali lipat. (Dan Allah melipatgandakan) lebih banyak dari itu lagi (bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha Luas) karunia-Nya (lagi Maha Mengetahui) siapa-siapa yang seharusnya beroleh ganjaran yang berlipat ganda itu. 

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, Surya Hadi menyampaikan sambutannya. “Alhamdulillah pada hari Ramadhan ke 18 ini semoga kita mendapatkan keberkahan (sahrul mubarok) dengan bersedekah dan semoga kita mendapatkan ganjaran yang luar biasa asalkan kita tidak riyaa” ujar pria ramah ini. Surya Hadi juga menyampaikan bahwa di ramadhan tahun ini kita mengundang anak yatim piatu untuk buka puasa bersama/Ifthor dan memberikan santunan sebagai bentuk kepedulian warga DJKN Kaltimtara kepada anak yatim piatu. Pemberian santunan ini disampaikan oleh Surya Hadi kepada anak yatim piatu Panti Asuhan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur dengan pesan agar santunan tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Tausiah siraman rohani menjadi penutup acara buka puasa bersama dengan Ustad Sani bin Husein yang menyampaikan tema sesuai ayat suci yang dibacakan dalam mukadimah buka puasa, yaitu keutamaan sedekah.

“Ada 3 (tiga) fase orang yang bersedekah yang mirip dengan faedah dalam Al Quran”  pesan Ustad Sani mengawali tausiyahnya. Fase pertama adalah orang yang mendapat petunjuk, orang yang tidak mendapat petunjuk akan susah untuk melakukan sedekah. Fase yang kedua yaitu orang-orang yang merasakan kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta’ala yaitu orang-orang yang bersyukur yang meringankan tangan dan kakinya untuk bersedekah, contoh dalam buka bersama dengan anak yatim ini adalah bentuk rasa syukur. Fase ketiga atau terakhir adalah bahwa Al Quran sebagai berkah dan penuh keberkahan. Definisi berkah adalah ziyadatun qoyimah (uang yang mempunyai nilai tambah), ziyadatun mutian (bertambah dekat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala) dan ziyadatun khoir (bertambah amal kebaikannya). Diakhir tausiah, Ustad Sani menutup dengan doa dan dilanjutkan sholat Maghrib berjamaah dan buka bersama. (Penulis/Foto:Tonny/Bidang KIHI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini