Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara > Berita
Tingkatkan Reputasi dan Optimalkan Aset Dukung Peran DJKN dalam Perekonomian Nasional
N/a
Rabu, 21 Desember 2016   |   730 kali

Sangatta – Selasa (13/12) Dengan tema “Tingkatkan Reputasi DJKN Dengan Optimalisasi Kekayaan Negara Untuk Perekonomian Nasional”, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Semester II Tahun 2016.

Rakorda diselenggarakan di Ruang Rapat Internal PT. Kaltim Prima Coal (KPC) di Sangatta, Kutai Timur. Rakorda berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 13 sampai dengan 16 Desember 2016 yang dihadiri para pejabat Eselon III dan IV pada Kantor Wilayah (DJKN) Kaltim serta para Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di wilayah kerja DJKN Kaltim.

Pembukaan Rakorda yang dilaksanakan kali ini berbeda karena dihadiri oleh pejabat PT. KPC (Kaltim Prima Coal). Rapat kerja diawali dengan laporan Kepala KPKNL Bontang, Suharno selaku tuan rumah dan sekaligus Ketua Panitia Rakorda. Dalam laporannya Suharno menyampaikan maksud dan tujuan Rakorda yaitu monitoring dan evaluasi kinerja tahun 2016, diskusi peran DJKN sebagai revenue center serta rencana kerja Kanwil DJKN Kaltim dan KPKNL tahun 2017.

Dalam pembukaan rapat sekaligus arahannya, Kepala Kanwil DJKN Kaltim, Surya Hadi mengucapkan terima kasih atas capaian kinerja yang baik sampai dengan akhir tahun ini.  Hal ini terlihat pada IKU masing-masing bidang di Kanwil maupun KPKNL dan mengajak seluruh peserta yang hadir untuk terus meningkatkan kinerjanya. Surya Hadi juga mengingatkan peserta rakorda terkait pelaporan PMK-157 agar disampaikan lebih cepat, tepat, dan benar, memaksimalkan fungsi kehumasan di masing-masing KPKNL, maksimalisasi lelang Hak Tanggungan, penggalian potensi piutang BPJS, dan fokus sertipikasi tanah dan jalan nasional (tajanas). Hal-hal yang disampaikan tersebut perlu ditingkatkan pada tahun 2017. “Rakorda pada akhir tahun ini juga merupakan evaluasi butir-butir kesepakatan Rakorda Semester I yang diselenggarakan di Tenggarong”, ujar Surya Hadi menutup acara pembukaan rakorda selasa malam.

Agenda pada hari kedua rakorda adalah pelantikan 14 (empat belas) Penilai Pemerintah KPKNL Bontang dan pegawai yang belum dilantik pada saat pelantikan penilai yang pertama oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltim. Dalam sambutannya, Surya Hadi berpesan agar selalu meningkatkan kompetensi penilai DJKN kedepannya. Acara dilanjutkan dengan Forum Group Discussion (FGD) yang mengambil pokok bahasan sesuai dengan tema rakorda yaitu Upaya Peningkatan Reputasi DJKN, Optimalisasi Kekayaan Negara, dan Kontribusi DJKN Terhadap Perekonomian Nasional. FGD dibagi 3 (tiga) kelompok dengan dipimpin masing-masing oleh Kepala KPKNL.

Olahraga pagi bersama di danau buatan dekat tempat acara pada keesokan harinya membuat badan menjadi lebih segar dan bersemangat dalam mengikuti agenda rakorda berikutnya. Capacity building dengan narasumber Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Samarinda, Endro S Efendi, C.Ht, CT, yang memaparkan The Power of Transformation melalui Quantum Life Transformation (QLT).

Kepada pegawai DJKN yang hadir, Endro menyampaikan pentingnya memahami cara kerja pikiran, dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dunia kerja. “Paling utama, sejak awal harus memiliki impian. Dengan impian, ibaratnya sudah memiliki peta dalam kehidupan,” ujarnya. “Sebab, tanpa impian, maka sama saja sedang melakukan perjalanan namun tidak punya tujuan yang jelas”.

Selain bagaimana cara menyusun impian, Endro juga memberikan beberapa teknik khusus untuk mengatasi hambatan dalam diri. Sebab, kata dia, salah satu kunci keberhasilan adalah bagaimana mengatasi hambatan dalam diri masing-masing individu.“Percuma diberikan motivasi jika hambatan dalam diri masih ada. Ibarat mobil, percuma terus menerus digas tapi rem tangannya belum dilepas,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut diadakan penyerahan piagam penghargaan Kantor Berikerja Terbaik di Lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Timur kepada KPKNL Samarinda setelah melalui seleksi yang ketat oleh Tim Penilai Kanwil DJKN Kaltim dengan memperhatikan 9 (sembilan) kriteria.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Surya Hadi kepada Nicodemus Sigit Rahardjo selaku Kepala KPKNL Samarinda. Surya Hadi mengucapkan selamat dan berpesan kepada KPKNL yang lain bahwa bukan berarti kinerja mereka tidak baik namun dari kriteria tersebut KPKNL Samarinda memperoleh angka yang tertinggi.

Di penghujung acara Kepala Bidang Penilaian, Dwi Hariyanto membacakan Butir-Butir Rakorda sebelum ditutup secara resmi oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltim, Surya Hadi dengan mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua peserta. (Penulis/Foto: Tonny/Andito)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini