Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara > Artikel
Same Old Brand New You – Merencanakan Keuangan di Tahun Baru
Mahdi
Rabu, 27 Desember 2023   |   65 kali

Selangkah lagi kita akan menghadapi Tahun 2024. Tidak terasa sudah 12 lembar kalender kita jalani di Tahun 2023. Sudah saatnya kita memiliki resolusi untuk tahun yang baru, agar memberikan perubahan positif dalam hidup. Salah satunya, Anda dapat merencanakan resolusi keuangan.

Beberapa tahun ke belakang telah kita hadapi dengan penuh ketidakpastian dan tantangan ekonomi. Ini mengingatkan kita akan pentingnya kesiapan finansial untuk menghadapi apa pun yang akan terjadi. Ini akan menjadi hal yang krusial dalam hidup Anda untuk melihat lebih dekat kembali pola perencanaan keuangan kita. Membuat resolusi keuangan di tahun berikutnya dapat menjadi salah satu langkah memastikan rencana keuangan jangka panjang yang kita miliki.

Beberapa action plan berikut bisa membantu Anda merencanakan keuangan yang lebih baik.

Tuliskan tujuan keuangan Anda

Menuliskan tujuan keuangan Anda akan mengubahnya dari pemikiran abstrak menjadi target nyata. Ini memberikan Anda arah dan fokus untuk berkomitmen mencapai tujuan tersebut.

Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek mungkin mencakup melunasi kartu kredit atau membangun dana darurat, sedangkan tujuan jangka panjang dapat mencakup menabung untuk masa pensiun atau membeli rumah. Pastikan sasaran memiliki jangka waktu yang realistis dan jumlah yang spesifik. Dengan tujuan tertulis yang dapat Anda lihat secara rutin, Anda dapat meninjau kembali agar tetap termotivasi, melihat kemajuan Anda, dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Mencatat penganggaran dan pengeluaran

Membuat anggaran yang komprehensif dan memantau dengan cermat kebiasaan belanja Anda adalah dasar dari perencanaan keuangan yang baik. Alokasikan penghasilan Anda ke berbagai kategori seperti kebutuhan rumah tangga, transportasi, bahan makanan, dan tabungan. Melalui langkah tersebut, Anda dapat mengidentifikasi kelompok belanja yang mana yang dapat dikurangi sehingga dapat menambah porsi anggaran untuk menabung. Manfaatkan aplikasi penganggaran yang tersedia secara elektronik untuk membuat prosesnya lebih mudah dan efisien.

Mempersiapkan dana darurat

Dana darurat sangat krusial bagi Anda untuk melindungi diri dari pengeluaran yang tidak terduga. Usahakan untuk menghemat biaya hidup setidaknya selama tiga hingga enam bulan di rekening terpisah. Dana ini akan bertindak sebagai jaring pengaman yang akan memberikan Anda ketenangan pikiran jika terjadi keadaan tak terduga yang membutuhkan sejumlah uang.

Jika Anda kesulitan untuk memulai, mulailah dengan jumlah kecil dan tingkatkan tabungan dana darurat Anda seiring waktu. Ingatlah bahwa dengan menyisihkan Rp100.000,00 sebulan dapat memberi Anda penghematan tahunan sebesar Rp1.200.000,00

Berinvestasi dengan bijak

Meskipun menabung itu penting, berinvestasi berpotensi membantu meningkatkan kekayaan Anda seiring waktu. Pertimbangkan untuk mendiversifikasi investasi Anda dengan menjelajahi berbagai opsi investasi. Namun, ingatlah selalu bahwa investasi mengandung risiko, jadi buatlah keputusan yang tepat untuk memastikan investasi Anda selaras dengan tujuan keuangan jangka panjang Anda.

Membayar utang

Prioritaskan untuk membayar hutang dengan bunga tinggi. Bunga terutang ini dapat memakan sebagian besar hingga keseluruhan porsi keamanan finansial yang Anda miliki dan dapat menjadi beban keuangan yang signifikan. Kembangkan rencana pembayaran kembali utang Anda dan alokasikan porsi anggaran yang Anda miliki untuk membayar kewajiban tersebut. Cobalah mengalokasikan dana ekstra untuk melunasi utang Anda, dimulai dengan utang yang memiliki tingkat bunga tertinggi. Ini tidak hanya mengurangi keseluruhan utang Anda tetapi juga menghemat uang untuk pembayaran bunga.

Merencanakan masa depan keuangan Anda tentunya membutuhkan kombinasi dari kedisiplinan, perencanaan, dan adaptasi. Satu hal yang perlu Anda ingat, merencanakan keuangan adalah sebuah perjalanan panjang yang membutuhkan usaha dan komitmen terus-menerus. Mulailah dari sekarang dan teruslah berdedikasi untuk mencapai tujuan Anda, demi masa depan keuangan yang lebih baik.

Welcome for the same old but brand new you. Become the you you know you’re capable of being!

 

Penulis: Wahyuni Eka Wulandari - Pelaksana Bagian Umum

 

Referensi

1.       https://www.livemint.com/money/personal-finance/new-year-new-wallet-5-financial-resolutions-to-keep-yourself-secure-in-2024-11702882029691.html

2.       https://www.cbsnews.com/news/simple-but-important-financial-changes-to-make-in-2024/

3.       https://www.bankrate.com/banking/savings/ways-to-build-good-money-habits/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini