Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah > Berita
Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Penilaian
N/a
Jum'at, 21 Agustus 2015   |   599 kali

Banjarbaru - Direktorat Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJKN Kalselteng) melaksanakan Quality Assurance Penilai Internal DJKN 18 - 20 Agustus 2015. Quality assurance dilaksanakan di Ruang Rapat lantai 2 Kanwil DJKN Kaselteng. Kegiatan diikuti oleh penilai internal di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah. Tujuan kegiatan dari quality assurance yakni untuk memetakan kualitas dan sebagai sarana pembinaan penilai internal DJKN khususnya penilai internal di lingkungan Kanwil DJKN Kalselteng.

Kepala Bidang Penilaian Kresno Mulyono mengharapkan, terkait dengan pembinaan uji kompetensi ini, para peserta dapat memperhatikan dengan seksama materi yang yang disampaikan oleh narasumber Kantor Pusat Direktorat Penilaian agar menjadi bahan acuan dan referensi bagi penilai dalam pelaksanaan penilaian ke depan. Kemudian Kresno menyampaikan bahwa quality assurance ini merupakan agenda rutin dari Direktorat Penilaian. 

Lebih lanjut, Kepala Kanwil DJKN Kalselteng Joko Prihanto mengharapkan peran aktif penilai dan sinergi positif dari peserta dalam mensukseskan uji kompetensi penilai ini. Joko menyampaikan bahwa kegiatan quality assurance ini sangat penting. Dengan adanya kegiatan uji kompetensi penilai internal DJKN ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih terkait peraturan dan teknis di bidang penilaian sehingga dalam pelaksanaan penilaian di lapangan dapat berjalan dengan baik mengingat peranan penilai DJKN ke depan sangat vital, penilai DJKN dituntut untuk terus meningkatkan kualitasnya dengan memahami peraturan-peraturan dan menerapkan secara tepat sesuai tugas dan fungsi penilai. Pada akhirnya output yang diharakan adalah dapat meningkatkan pelayanan yang dilaksanakan oleh penilai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah kepada stakeholders.

Di akhir sambutannya, Joko Prihanto berharap hasil dari quality assurance ini dapat meningkat dari kegiatan sebelumnya. Kemudian Kakanwil juga berharap kepada Bidang Penilaian agar terkait peraturan-peraturan bidang penilaian agar dapat dilakukan knowledge sharing kepada penilai di lingkungan Kanwil DJKN Kalselteng setiap dua minggu sekali untuk menambah wawasan penilai.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bayu Firdaus, Kepala Seksi Standardisasi Penilaian Properti Khusus. Materi yang disampaikan antara lain, konsep Dasar Penilaian, Peraturan Penilaian, serta Teori dan Praktek Penilaian. Materi berikutnya disampaikan oleh Heri Supriyanto, Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Informasi Penilaian yang memaparkan review kaji Ulang dan aplikasi Sistem Informasi Penilaian (SIP).

Hari kedua kegiatan diisi dengan bedah kasus penilaian yang terjadi di wilayah kerja Kanwil DJKN Kalselteng dan KPKNL di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah. Kegiatan quality assurance diakhiri dengan ujian kompetensi yang meliputi pemahaman atas peraturan, teknis dan teori, serta laporan penilaian. (Teks: HM, Iqbal, Rahman/Foto: Rahman).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini