Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah > Berita
Aman dan Nyaman dengan e-Auction
N/a
Rabu, 05 Agustus 2015   |   693 kali

Pontianak - Melanjutkan rangkaian kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Barat (Kanwil DJKN Kalbar) Tedy Syandriadi mengunjungi Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Barat (05/08). Dengan didampingi Kepala Bidang Piutang Negara. Prastowo Soebagio dan Kepala Bidang Lelang, Widya Sananda, rombongan disambut dengan hangat oleh Kepala BI Perwakilan Kalimantan Barat, Dwi Sulasmanto. Pria yang akrab dipanggil Dwi ini mengapresiasi kedatangan perwakilan DJKN Kalimantan Barat ke Kantor BI yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 2, Pontianak. Kunjungan kerja adalah untuk melakukan pengenalan e-Auction kepada kalangan perbankan di wilayah Kalimantan Barat. Sebelumnya Kanwil DJKN Kalimantan Barat beserta KPKNL Pontianak juga telah melakukan sosialisasi e-Auction kepada Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) di wilayah Pontianak.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Tedy Syandriadi, e-auction merupakan salah satu layanan pada Kementerian Keuangan, khususnya DJKN berupa lelang yang menggunakan web dan merupakan inovasi dari lelang metode konvensional yang selama ini dikenal secara luas oleh masyarakat. e-Auction sendiri merupakan salah satu layanan dari Kementerian Keuangan yang turut serta dalam Kompetisi Layanan Publik 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Secara umum, Tedy Syandriadi menjelaskan syarat dan prosedur melakukan lelang melalui e-Auction dan perbedaannya dengan lelang konvensional. Kepala BI Perwakilan Kalimantan Barat terlihat antusias mengingat berbagai kemudahan, kecepatan, keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh e-Auction. Menanggapi hal tersebut, Dwi Sulasmanto menceritakan pengalamannya terlibat dalam proses lelang melalui DJKN semasa bertugas di Jember, Jawa Timur. Ditambahkan juga bahwa kantor BI Perwakilan Kalimantan Barat pernah melakukan penjualan atas aset yang dihapuskan dengan menggunakan lelang pada KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Mekanisme penghapusan inventaris dengan melakukan penjualan melalui lelang sering dilakukan selain menggunakan mekanisme hibah. Banyak hal yang dijelaskan oleh Tedy Syandriadi dalam kesempatan tersebut, mulai dari prosedur pengajuan lelang melalui e-Auction hingga pada tatacara dilaksanakannya aanwidjzing (penjelasan mengenai proses dan obyek lelang).

Pada kesempatan yang sama, Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Barat mengundang DJKN apabila bersedia memberikan sosialisasi pada pertemuan berkala dengan Bank Umum di wilayah Kalimantan Barat. Selama ini secara rutin dilakukan pertemuan antara Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Barat dengan Komunitas Badan Usaha Perbankan Daerah. Kesempatan berharga tersebut langsung disanggupi oleh Tedy Syandriadi untuk memberikan pengenalan singkat tentang e-Auction pada bank umum di wilayah Kalimantan Barat. (Penulis/foto:Bidang KIHI Kanwil Kalbar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini