Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah > Berita
In House Training Lelang Email pada lingkup Kanwil DJKN Kalselteng
N/a
Senin, 29 Desember 2014   |   1087 kali

Banjarmasin - Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan In House Training (IHT) Lelang Email kepada pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) (28/11). Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalselteng Selo Tarnando yang menerangkan bahwa pelaksanaan lelang email merupakan langkah maju bagi pelaksanaan lelang di DJKN. Dengan adanya sistem seperti ini diharapkan agar proses lelang menjadi lebih baik.

Acara IHT dilanjutkan dengan pemaparan lelang email oleh Kepala Seksi Bina Profesi Lelang I Direktorat Lelang Kantor Pusat DJKN Wifda Indriani, lelang email merupakan bentuk lelang tertulis dimana pesertanya menawar secara tertutup dan tidak harus hadir langsung. Dalam hal ini segala notifikasi penawaran diberikan melalui email. Sistem lelang email ini menggunakan perangkat server kantor pusat DJKN sehingga data terintegrasi secara terpusat. Ada bentuk lain yaitu lelang internet yang mirip lelang email namun dilakukan secara terbuka sehingga peserta lelang bisa memantau penawaran peserta lelang lain.

Selanjutnya Afif dari PT.BRI Persero tbk menjelaskan bahwa Aplikasi pembantu berupa Cash Management System (CMS) berfungsi untuk menampilkan transaksi lelang secara real time sedangkan Virtual Account (VA) digunakan untuk memudahkan identifikasi transaksi peserta lelang. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada pihak PT. BRI Persero tbk. yaitu mengenai keamanan bagi bendahara penerima terkait keamanan CMS dan VA yang digunakan dalam lelang email, dan bahwa keamanan CMS dan VA ini menggunakan beberapa tingkat keamanan sehingga transaksi keuangan dapat dilakukan dengan aman.

Acara terakhir yaitu simulasi lelang email yang dipandu oleh Brana Pandega dari Direktorat PKNSI Kantor Pusat DJKN. Dalam acara ini dipaparkan roleplay pelaksanaan lelang email dari mulai pendaftaran peserta lelang sampai dengan pengumuman pemenang lelang dan penyerahan barang yang dilelang. Akhirnya acara lelang ini ditutup kembali oleh Kepala  Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalselteng “semoga kegiatan IHT lelang email ini dapat menjadi pilot project pelaksaan lelang email pada lingkup Kanwil DJKN Kalselteng”. (bayu-KPKNL Banjarmasin).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini