Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat > Berita
Migrasi Simak TNI, Perlahan Tapi Pasti
N/a
Senin, 25 November 2013   |   840 kali

Pontianak – Keseriusan Kementerian Pertahanan RI khususnya Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura untuk mewujudkan penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) yang tertib dan akuntabel di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) sangat nyata terasa dikala pagi yang cerah pada 18 November 2013, tidak kurang dari 80 personel “korps baju hijau” dari seluruh satuan pelaporan (satpor) maupun sub satpor TNI AD di wilayah Kalimantan Barat hadir dalam kegiatan Sosialisasi dalam rangka Penerapan Aplikasi SIMAK BMN Kementerian Keuangan pada Kementerian Pertahanan (TNI). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Barat (Kanwil DJKN Kalbar) 18 s.d. 20 November 2013.

Kegiatan dibuka oleh sambutan Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Anugrah Komara yang berpesan agar antara TNI Angkatan Darat (AD) dan DJKN khususnya di wilayah Kalimantan Barat dapat terus bersinergi agar proses migrasi dari SIMAK TNI ke SIMAK BMN Kementerian Keuangan dapat berjalan lancar, sehingga nantinya pada pelaksanaan rekonsiliasi dan pemutakhiran data SIMAK BMN di semester II tahun 2013 tidak muncul masalah yang berarti. Hadir pula Asisten Logistik (Aslog) Kodam XII/Tanjungpura dalam pembukaan acara sosialisasi yang dimulai tepat jam 09.00 WIB. Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Ismu Bintoro, sedangkan sebagai penyaji materi aplikasi SIMAK BMN adalah Moch. Furqon dan Feri Suryanto, pelaksana pada seksi PKN KPKNL Pontianak. Rentetan acara dimulai dengan penginputan transaksi ke dalam aplikasi SIMAK BMN dan persediaan, pengenalan menu-menu pada aplikasi SIMAK BMN 2010 dan persediaan, sampai migrasi ke aplikasi SIMAK BMN 2013. Di akhir acara seluruh satpor dan subsatpor bersama operator SIMAK BMN Kanwil DJKN Kalimantan Barat melakukan pencocokan nilai antara data input SIMAK BMN yang telah peserta input dengan Laporan Barang Pengguna dan Laporan Keuangan Kementerian Lembaga Kementerian Pertahanan Tahun 2012 (audited). Kegiatan sosialisasi ini ditutup oleh Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Ismu Bintoro, dilanjutkan dengan foto bersama.

Dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini diharapkan para peserta mampu mengimplementasikan pengetahuan yang mereka peroleh di tempat kerja masing-masing. Salah satu wujud implementasi tersebut adalah penatausahaan pengelolaan BMN melalui aplikasi SIMAK BMN yang lebih tertib dan akuntabel. Untuk mencapai itu semua pastilah tidak mudah. Tetapi setidaknya Kodam XII/Tanjungpura sudah berada di arah yang tepat. Perlahan tapi pasti. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini